Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi dan bersifat membangun. Uraian lebih jelas tentang tenaga endogen dapat dibaca pada artikel dengan tema Bentuk Permukaan Bumi. Tenaga endogen tidak hanya telah membentuk relief di daratan tetapi juga di lautan.

Macam-macam Relief Daratan dan Manfaatnya

1. Benua

Benua merupakan wilayah daratan yang sangat luas yang dikelilingi oleh samuderan. Di dunia ini, terdapat lima buah benua yang sudah dihuni manusia, yaitu benua Amerika, benua Asia, benua Afrika, benua Australia, dan benua Eropa. Sebelumnya, benua Asia dan Eropa menyatu dan dikenal dengan nama Eurasia. Satu benua umumnya dihuni oleh banyak negara.

Benua dapat bermanfaat sebagai tempat tinggal makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan dengan berbagai ras dan varietas. Sehingga makhluk hidup dapat terjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, di benua merupakan tempat beradanya aneka bentuk relief daratan lainnya.

2. Pulau

Pulau merupakan wilayah daratan yang lebih kecil daripada benua. Pulau biasanya dikelilingi oleh lautan. Pulau, umunya merupakan bagian dari wilayah suatu negara, seperti Pulau Bali dan Sumatera merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Namun ada pula beberapa pulau yang menjadi sebuah negara seperti Haiti. Seperti halnya benua, pulau pun dapat digunakan oleh manusia untuk melakukan aktivitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Kepulauan

Kepulauan merupakan kumpulan pulau-pulau yang berdekatan. Umumnya kepulauan merupakan kumpulan beberapa wilayah yang membentuk suatu negara. Beberapa negara yang berupa negara kepulauan antara lain Indonesia, Piliphina, Jepang, Singapura, dan lain-lain. Meskipun demikian, ada pula kepulauan yang menjadi bagian dari wilayah suatu negara seperti kepulauan galapagos, kepulauan Nusa Tenggara, kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

4. Gunung

Gunung merupakan wilayah daratan yang mempunyai ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Gunung memliki manfaat yang sangat besar bagi manusia eperti mencegah bajir dan tanah longsor, sumber udara segar, tempat hidup hewan dan tumbuhan, dan sumber air bersih. Selain itu, gunung juga dapat dijadikan tempat untuk berekreasi dan olahraga.

5. Pantai

Pantai merupakan wilayah daratan yang berbatasan langsung dengan laut atau samudera. Pantai umumnya mempunyai panorama alam yang sangat indah sehingga dapat dijadikan tempat wisata. Beberapa pantai yang terkenal di dunia antara lain Pantai Kuta dan Pantai Sanur di Bali.

6. Dataran rendah

Dataran rendah merupakan permukaan bumi yang mempunyai ketinggian dari 0 (nol) sampai dengan 200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah dapat dimanfaatkan untuk lahan pertanian, pemukiman, industri, dan peternakan. Umumnya daerah dataran rendah terletak di daerah pesisir pantai. Contoh daerah yang merupakan dataran rendah adalah Jakarta di Indonesia, Cianjur Selatan, Pangandaran, dan lain-lain.

7. Dataran tinggi

Dataran tinggi merupakan wilayah datar yang mempunyai ketinggian antara 200 – 400 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi mempunyai udara yang sejuk sehingga sangat cocok untuk membuka usaha di bidang perhotelan, restoran, dan penginapan. Selain itu, dataran tinggi juga mempuyai tanah yang subur sehingga sangat cocok untuk menanam berbagai jenis bunga, sayuran, dan buah-buahan. Beberapa dataran tinggi yang terkenal antara lain dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Puncak, dataran tinggi Alas, dan lain-lain.

8. Tanjung

Tanjung merupakan wilayah daratan yang menjorok ke laut. Tanjung dimanfaatkan manusia untuk dijadikan pelabuhan. Beberapa contoh tanjung diantaranya Tanjung Priok di Jakarta, dan Tanjung Perak di Surabaya.

Macam-macam Relief Perairan dan Manfaatnya

1. Samudera

Samudera merupakan wilayah perairan yang sangat luas dan dalam. Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Atlantik merupakan tiga buah samudera yang sudah kita ketahui. Samudera bermanfaat sebagai penghubung antara benua sehingga penjelajahan dunia dapat dilakukan dan ditemukannya berbagai wilayah baru pada zaman dahulu. Sperti penjelajahan yang dilakukan oleh Marco Polo, Bartolomeus Dias, Colombus, dan lain-lain.

2. Laut

Laut merupakan wilayah perairan yang berupa cekungan yang dalam dan berisi air. Adapun yang dimaksud dengan cekungan adalah daerah yang lebih dalam daripada daerah-daerah di sekelilingnya. Laut merupakan tempat bermuaranya aliran sungai yang berasal dari daratan. Sedangkan lautan merupakan tempat bertemunya beberapa laut. Beberapa laut yang sudah kita ketahui diantaranya Laut Jawa, Laut Merah, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, dan sebagainya.

Laut dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia, diantaranya sebagai sumber ikan, rumput laut, mutiara, dan minyak bumi. Keindahan laut dapat dijadikan salah satu objek wisata menyelam bawah laut seperti yang terdapat di Bunaken dan laut Banda. Selain itu, laut juga dapat dijadikan tempat berolah raga, seperti berselancar, ski air, perahu layar, dan lain-lain.

3. Teluk

Teluk merupakan bagian dari wilayah laut yang menjorok ke daratan. Teluk umumnya dimanfaatkan manusia untuk dijadikan pelabuhan. Beberapa teluk yang terkenal diantaranya Teluk Tomini, Teluk Bone, dan Teluk Babi. Teluk bisa dimanfaatkan untuk membangun dermaga dan pelabuhan.

4. Selat

Selat disebut juga dengan laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Selat lebih mudah digunakan sebagai sarana transfortasi karena jarak yang ditempuhnya relatif lebih dekat dibandingkan dengan pulau. Adapun alat transfortasi yang sering digunakan untuk melintasi adalah kapal Feri. Beberapa contoh selat diantaranya selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, Selat Bali yang menghubungkan pulan Jawa dengan Pulau Bali, Selat Karimata yang menghubungkan Pulau Kalimantan dengan Pulau Sulawesi. 

Manfaat Lain Tenaga Endogen

Selain manfaat-manfaat yang telah disebut di atas, masih banyak manfaat lain yang diperoleh, di antaranya:

1. Terbentuknya kawasan tangkapan air hujan (catchment area)

Kawasan tangkapan air berfungsi untuk menyimpan hujan pada musim hujan dan mengeluarkannya pada musim kemarau. Kawasan tangkapan air hujan harus ditumbuhi oleh pohon-pohon besar agar dapat menahan air ketika terjadi hujan sehingga terbentuk air tanah. Selain itu, kawasan tangkapan air hujan harus berada di daerah yang lebih tinggi. Beberapa daerahyang dijadikan sebagai kawasan tangkapan air hujan antara lain Bogor dan Puncak Cianjur merupakan merupakan kawasan tangkapan air hujan dan area sumber air bagi Jakarta. Jakarta. Kawasan pengunungan Dieng kawasan tangkapan air hujan bagi wilayah Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo.

2. Sumber bahan tambang dan sumber daya mineral

Dari televisi, kita sering mendengar dan melihat berita tentang penambangan pasir di wilayah kali Gendol dan kali Putih yang merupakan salah satu sungai yang berada di kaki gunung Marapi. Dari mana pasir–pasir yang berada di kedua kali tersebut berasal? Ternyata berasal dari abu vulkanik yang dihasilkan oleh vulkanisme gunung berapi. Sedangkan pada daerah-daerah yang merupakan pertemuan dua lempeng bumi banyak ditemukan bahantambang mineral, seperti emas, perak, bijih besi, aluminium, dan bahan tambang lainnya.

3. Pusat tenaga listrik

Adanya magma yang tersimpan di dalam perut bumi dapat menjadi tenaga panas bumi (geothermal) yang daat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.Contoh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah PLTU Lumajang di Garut Jawa Barat, PLTU Paiton di Jawa Timur.

4. Tempat pariwisata dan laboratorium alam

Beberapa daerah yang dapat dijadikan tempat sebagai objek wisata sekaligus laboratorium alam, diantaranya puncak Gunung Bromo yang digunakansebagai tempat pariwisata alam. Tempat yang lainmisalnya, Plato Dieng dan Laboratorium GeologiAlam Karang Sambung di Kebumen Jawa Tengah.

5. Menyuburkan tanah

Lava dan lahar yang dikeluarkan akibat vulkanisme dapat menyuburkan daerah sekitarnya sehingga sangat cocok untuk dijadikan daerah pertanian dan perkebunan.

Mengingat begitu besarnya manfaat permukaan relief daratan yang terbentuk karena tenaga endogen, akan sangat bijaksana jika kita sebagai makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhandapat mengemban amanat melestarikan alam semesta.