Studi Ilmu Al Quran:

Mengenal Asbabun Nuzul dan Pembagiannya

Memahami dan menafsirkan makna ayat-ayat Al Qur’an bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang luas tentang bahasa dan sastra Arab serta ilmu-ilmu Al Qur’an. Salah satunya, ilmu asbabun nuzul. Al Qur’an diwahyukan melalui proses yang berangsur-angsur, tidak diberikan secara langsung dan utuh. Oleh karena itu, untuk memahami makna Al Qur’an secara utuh, kita harus mengetahui latar belakang diturunkannya suatu ayat Al Qur’an.

Mengenal Ilmu Makki dan Madani dalam Al-Quran

Proses pengumpulan dan penertiban Al-Qur’an bukanlah suatu pekerjaan mudah. Para ulama dan munfasir (ahli tafsir) pada masa proses pengumpulan Al-Qur’an harus melakukan penyelidikan yang sangat teliti agar mampu menyusun ayat-ayat dan surah-surah Al Qur’an dengan sebenar-benarnya. Mereka harus mengumpulkan ayat-ayat dan surat-surat Al Qur’an sesuai dengan pola kalimat, waktu, dan tempat turunnya ayat atau surah tersebut. Nah, berikut ini ulasan seputar Ilmu Makki dan Madani dalam Al-Qura

Lebih Dekat dengan Ilmu Nasikh dan Mansukh

Sumber ilmu dalam Al-Qur’an tidak akan pernah habis untuk dikaji. Al-Qur’an telah banyak melahirkan ilmu pengetahuan. Telah menjadi kewajiban seorang muslim agar memahami kandungan Al-Qur’an dengan sebenar-benarnya supaya tak melakukan kekeliruan dalam menjalankan perintah Allah Swt serta menjauhi larangan-Nya. Salah satu dari ilmu Al Qur’an yang bermanfaat bagi kemaslahatan bersama adalah Ilmu Nasikh dan Mansukh. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Ilmu Tafsiril Quran dalam Ilmu Al Quran

Selain diperlukan penguasaan bahasa dan sastra Arab yang memadai untuk menerjemahkan dan menafsirkan Al-Qur’an, seorang ahli tafsir juga harus menguasai ilmu-ilmu Al-Qur’an. Ilmu-ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Al-Qur’an dan kandungan isinya disebut dengan Ushul Tafsir atau Ulumul Qur’an. Ingin tahu lebih jauh tentang ulasan yang satu ini? Baca artikel ini sampai tuntas.

Mengenang Kembali Peristiwa Nuzulul Quran

Turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw merupakan suatu peristiwa yang sangat luar biasa. Turunnya Al-Qur'an disebut dengan Nuzulul Qur'an. Apakah arti sebenarnya dari Nuzulul Qur’an? Bagaimanakah tahapan turunnya Al-Qur’an? Apakah diturunkan secara berangsur-angsur atau sekaligus? Anda ingin tahu jawaban lengkapnya, bukan? Simak ulasannya berikut ini.