Studi Ilmu Al Quran:

Mengenal Asbabun Nuzul dan Pembagiannya

Memahami dan menafsirkan makna ayat-ayat Al Qur’an bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang luas tentang bahasa dan sastra Arab serta ilmu-ilmu Al Qur’an. Salah satunya, ilmu asbabun nuzul. Al Qur’an diwahyukan melalui proses yang berangsur-angsur, tidak diberikan secara langsung dan utuh. Oleh karena itu, untuk memahami makna Al Qur’an secara utuh, kita harus mengetahui latar belakang diturunkannya suatu ayat Al Qur’an.

Mengenal Ilmu Makki dan Madani dalam Al-Quran

Proses pengumpulan dan penertiban Al-Qur’an bukanlah suatu pekerjaan mudah. Para ulama dan munfasir (ahli tafsir) pada masa proses pengumpulan Al-Qur’an harus melakukan penyelidikan yang sangat teliti agar mampu menyusun ayat-ayat dan surah-surah Al Qur’an dengan sebenar-benarnya. Mereka harus mengumpulkan ayat-ayat dan surat-surat Al Qur’an sesuai dengan pola kalimat, waktu, dan tempat turunnya ayat atau surah tersebut. Nah, berikut ini ulasan seputar Ilmu Makki dan Madani dalam Al-Qura

Lebih Dekat dengan Ilmu Nasikh dan Mansukh

Sumber ilmu dalam Al-Qur’an tidak akan pernah habis untuk dikaji. Al-Qur’an telah banyak melahirkan ilmu pengetahuan. Telah menjadi kewajiban seorang muslim agar memahami kandungan Al-Qur’an dengan sebenar-benarnya supaya tak melakukan kekeliruan dalam menjalankan perintah Allah Swt serta menjauhi larangan-Nya. Salah satu dari ilmu Al Qur’an yang bermanfaat bagi kemaslahatan bersama adalah Ilmu Nasikh dan Mansukh. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Ilmu Tafsiril Quran dalam Ilmu Al Quran

Selain diperlukan penguasaan bahasa dan sastra Arab yang memadai untuk menerjemahkan dan menafsirkan Al-Qur’an, seorang ahli tafsir juga harus menguasai ilmu-ilmu Al-Qur’an. Ilmu-ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Al-Qur’an dan kandungan isinya disebut dengan Ushul Tafsir atau Ulumul Qur’an. Ingin tahu lebih jauh tentang ulasan yang satu ini? Baca artikel ini sampai tuntas.

Mengenang Kembali Peristiwa Nuzulul Quran

Turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw merupakan suatu peristiwa yang sangat luar biasa. Turunnya Al-Qur'an disebut dengan Nuzulul Qur'an. Apakah arti sebenarnya dari Nuzulul Qur’an? Bagaimanakah tahapan turunnya Al-Qur’an? Apakah diturunkan secara berangsur-angsur atau sekaligus? Anda ingin tahu jawaban lengkapnya, bukan? Simak ulasannya berikut ini.

Ayat-ayat Al-Quran Berhubungan dengan Ilmu Fisika

Agama Islam merupakan agama yang memiliki banyak hubungan dengan bidang dan studi lain. Hal itu setidaknya diketahui dengan adanya ayat-ayat Al-Quran berhubungan dengan ilmu fisika. Tidak percaya? Marilah kita simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan

Jika belajar ilmu pengetahuan, umumnya kita menggunakan buku sebagai sumber referensinya. Namun tahukah bahwa kitab suci umat Islam juga bisa dijadikan sebagai sumber referensi. Jadi jika bertanya apakah Al-Quran sebagai sumber ilmu pengetahuan jadi sumber yang tepat? Kita simak jawabannya di sini.

Hubungan Antara Al-Quran dan Astronomi

Siapa bilang kandungan dalam kitab Al-Quran hanyalah sebagai kandungan yang berisikan agama semata? Tidak hanya itu, kandungan dalam kitab suci umat Islam itu berhubungan dengan banyak hal, salah satunya astronomi. Jadi hubungan antara Al-Quran dan astronomi itu ada benarnya. Ini dia ulasan lengkapnya.

Kenapa bisa Ilmu Sains dalam Al-Quran?

Percaya atau tidak bahwa ilmu pengetahuan yang telah ada dan kita liaht saat ini, sudah masuk ke dalam kitab suci Al-Quran. Untuk umat muslim memang harus meyakininya. Lantas, kenapa ilmu sains dalam Al-Quran itu bisa ada? Untuk mengetahuinya marilah kita simak ulasannya di sini.

Keajaiban Ilmu Matematika dalam Al-Quran

Banyak ilmu pengetahuan yang berlandasakan kepada ilmu dalam Islam. Tidak percaya? Rasanya semua itu sudah terbukti dengan adanya keajaiban ilmu matematika dalam Al-Quran. Ada banyak kisah yang diceritakan pula dalam ayat kitab suci tersebut. Seperti apakah isinya?

Kebenaran Al-Quran dalam Ilmu Pengetahuan Islam

Islam merupakan agama yang sempurna dengan segala kebenarannya. Bahkan kebenaran tersebut telah tertuang dalam kitab Al-Quran. Bisa dikatakan kebenaran Al-Quran dalam ilmu pengetahuan tidak terbantahkan lagi. Seperti apakah kebenaran yang telah dituangkan juga yang ada di kehidupan nyata?

Membaca Al-Quran dengan Tajwid

Al-Quran merupakan kitab suci umat muslim yang hadir secara awal di Arab Saudi. Dengan demikian, seluruh hurufnya menggunakan bahasa Arab. Untuk itu, masih banyak yang belum memahami dengan benar isinya. Untuk membaca Al-Quran dengan tajwid, diperlukan kajian yang khusus. Berikut ini ulasan singkatnya.

Ilmu yang Harus Dikuasai dalam Memahami Al-Quran

Tidak banyak orang yang bisa memahami isi kandungan dalam Al-Quran. Hal itu karena kitab tersebut berisikan banyak bahasa Arab, yang masih sulit dimengerti oleh orang yang belum belajar. Ada beberapa ilmu yang harus dikuasai dalam memahami Al-Quran. Ilmu tersebut apa sajakah?

Ketahui Cara Mengungkap Rahasia Al-Quran

Banyak kejadian yang kita alami itu bisa jadi mempunyai makna di baliknya. Seperti halnya kandungan dalam kitab suci Al-Quran yang ternyata berisi banyak kisah, baik di masa lalu maupun di masa depan. Berikut ini akan diulas cara menguak rahasia Al-Quran. Simaklah dengan saksama.

Menguak Keajaiban Al-Quran

Tidak heran jika banyak kejadian di muka bumi ini yang tidak bisa dijelaskan oleh nalar kita sebagai manusia biasa. Namun ternyata semua kisah yang terjadi di sekitar kita itu telah dituangkan dalam kitab suci umat muslim, Al-Quran. Bagaimana caranya menguang keajaiban Al-Quran sebagai pedoman kita dalam beribadah dab beraktivitas?