Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa:

Bukti Transaksi

Mengawali suatu siklus akuntansi harus dari transaksi yang terjadi. Transaksi dapat berupa penerimaan atau pengeluaran uang dan akan selalu begitu. Transaksi dalam akuntansi harus tercatat atau tidak boleh hanya disahkan dengan anggukan kepala atau jabatan tangan. Transaksi harus selalu hitam di atas putih. Pencatatan transaksi ini memerlukan suatu bukti yaitu bukti transaksi. Dapat dikatakan bukti transaksi adalah catatan yang membuktikan bahwa suatu transaksi keuangan benar-benar terjadi. Bukt

Jurnal Umum

Siklus dalam akuntansi yang paling awal setelah pencatatan pada bukti transaksi, adalah pembuatan jurnal umum. Jurnal umum digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan. Bentuk pencatatan jurnal umum berupa kolom-kolom dan menyebutkan akun debet dan kredit. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mendapatkannya pada artikel di bawah ini.

Neraca Saldo

Siklus akuntansi sebenarnya merupakan jembatan untuk memperoleh apa yang disebut dengan laporan keuangan. Saat sudah mencapai tahapan pembuatan neraca saldo, maka pembuat laporan keuangan sudah melakukan lebih dari separuh perjalanan. Daerah laporan keuangan hampir tercapai, sehingga ketika salah dalam pembuatan neraca saldo, akan tersesatlah semua orang pada laporan keuangan yang salah. Jadi, berhati-hatilah!

Neraca Lajur

Dalam akuntansi pembuatan laporan keuangan tidak dapat dilakukan dengan sekali tahap. Pembuatan neraca saldo sebagai pijakan dasar pembuatan laporan keuangan masih belum cukup memadai. Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah neraca lajur. Neraca lajur terdiri atas beberapa kolom yang berisi perincian lebih mendetail mengenai proses akuntansi untuk sampai pada laporan keuangan. Informasi lebih lanjut, bisa Anda dapatkan pada artikel di bawah ini!

Laporan Keuangan

Setiap usaha atau kegiatan membutuhkan pelaporan. Laporan akan menggambarkan kesuksesan atas aktivitas yang dilakukan. Perusahaan sebagai entitas yang mencari keuangan juga membutuhkan laporan.Laporan yang sangat ditunggu dalam perusahaan adalah laporan keuangan.Dari laporan keuangan dapat dinilai mengenai keadaan riil perusahaan. Laporan keuangan juga akan mempengaruhi penilaian public atas suatu perusahaan. Sebegitu pentingnya keberadaan laporan keuangan, sehingga tahap demi tahap untuk persia

Buku Besar

Mendengar kata buku besar, tentunya sebagian besar orang yang tidak paham akuntansi akan membayangkan buku kamus yang tebal dan bisa bikin gepeng kecoa yang lewat. Bukan! Itu adalah buku besar yang sebenarnya. Buku besar dalam akuntansi adalah buku berisi rangkuman akun yang telah tercatat dalam jurnal umum. Dalam buku besar inilah diketahui saldo masing-masing akun yang akan dicatatkan dalam neraca saldo sebagai dasar pembuatan laporan keuangan. Pembuatan buku besar sendiri merupakan rangkaian

Dasar-dasar Analisis Akuntansi pada Sebuah Perusahaan

Sebuah perusahaan tentunya tidak akan bisa lepas dari peran akuntansi. Mengapa demikian? Setiap perusahaan tentunya menginginkan keuntungan, analisis akuntasilah yang akan mengulasnya. Lantas, seperti apakah dasar-dasar dari analisis tersebut? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak ulasannya di sini.

Ternyata Cara Membuat Neraca Keuangan, Tidak Sulit, Kok!

Dalam mempelajari materi ekonomi, kita sepatunya untuk mengetahu berbagai cara dan pemahaman, salah satunya dengan pemahaman mengenai neraca. Apa itu neraca? Jenisnya pun ada beberapa, salah satunya neraca keuangan. Lantas, bagaimana cara membuat neraca keuangan? Temukan jawabannya di sini.

Cara Membuat Laporan Keuangan Itu Sulit atau Tidak?

Dalam sebuah perusahaan kita akan mengenal dengan pelajaran membuat laporan keuangan. Namun banyak yang menyangsikan bahwa pembuatannya sangat sulit dan membingungkan. Namun tunggu dulu, untuk mengetahuinya sebaiknya simak dulu artikel berikut ini.

Agar Keuangan Perusahaan Bisa Stabil, Lakukan 3 Hal Ini!

Ternyata keuangan yang kita miliki tidak akan pernah selamanya aman. Pun begtitu juga dengan keuangan perusahaan. Lantas bagaimana caranya membuat agar keuangan perusahaan bisa stabil? Untuk mengetahuinya, ada baiknya kita simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Cari Tahu Apa yang Dimaksud dengan Jurnal!

Dalam kehidupan materi ekonomi, kita akan mengenal dengan banyak materi, salah satunya dengan jurnal. Jurnal seringkali dibuat untuk membantu pengetahuan data transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Namun lebih dari itu, apa yang dimaksud dengan jurnal? Jawabannya hanya akan didapat di sini.

Apa Itu Neraca Percobaan? Di Sini Jawabannya!

Dalam pelajaran ekonomi pastinya tidak akan terlepas dari apa yang namanya dengan transaksi. Transaksi tersebut dapat dituangkan ke dalam sebuah neraca. Jenis neraca pun ada beberapa, salah satunya dengan neraca percobaan. Lantas, apa itu neraca percobaan? Untuk menjawabnya, simaklah ulasannya di sini.

Beginilah Tahap dalam Pembuatan Siklus Akuntansi

Untuk mempelajari mata pelajaran ekonomi, kita tentunya harus mengetahui apa yang menjadi landasan materi tersebut. Salah satunya dengan akuntansi dan siklus akuntansi itu sendiri. Bahkan ada tahap dalam pembuatan siklus akuntansi yang bisa kita pelajari. Simaklah ulasannya di sini.

Kenapa Perusahaan Memerlukan Bukti Transaksi?

Setiap transaksi tentunya harus selalu dicatat. Mengapa? Tentunya untuk dijadikan sebagai bukti dari kegiatan tersebut. Pun begitu dengan yang berlaku dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, pertanyaan kenapa perusahaan memerlukan bukti transaksi, jawabannya bisa disimak dalam ulasan singkat berikut ini.

Cari Tahu, Kenapa Laba Rugi harus Dilaporkan?

Tidak ada perusahaan atau pun bisnis yang mengalami kerugian ataupun keuntungan terus menerus. Kedua hal itu merupakan titik terpenting untuk membangkitka sebuah perusahaan. Untuk itu, diperlukan pencatatan yang benar terhadap keduanya. Sehingga pertanyaan kenapa laba rugi harus dilaporkan maka itu sangat perlu! Simaklah untuk jelasnya lagi.

Apa yang Dilakukan Ketika Siklus Keuangan Tidak Stabil?

Tidak selamanya keuangan dalam keadaan yang stabil. Hal itu berlaku pula untuk perusahaan, terlebih melihat dengam keadaan ekonomi yang terjadi di negeri ini. Lantas, apa yang dilakukan ketika siklus keuangan tidak stabil? Untuk mengetahuinya, ada baiknya kita simak ulasannya di sini.

Jika Negara Tidak Mempunyai Akuntan yang Baik?

Sebuah negara tentunya akan mengharapkan keadaan ekonomi yang sangat baik. Hal itu bisa didukung dengan kehadiran akuntan yang baik dan mumpuni. Setidaknya mereka bisa memperediksi dan membangung sebuah ekonomi bangsa. Lalu, apa jadinya jika negara tidak mempunyai akuntan yang baik?

Miliki Ini Sebagai Kiat Menjadi Akuntan Andal

Untuk menjalani sebuah pekerjaan tentunya harus dengan sikap yang serius dan tentunya bisa fokus. Setidaknya hal itulah yang harus dimilliki untuk menjadi seorang akuntan. Namun lebih dari itu, apa saja sih kiat menjadi akuntan andal itu? Temukan saja jawabannya dalam artikel berikut ini.

Akuntan Harus Bisa Menjelaskan tentang Siklus Akuntansi

Sebuah siklus akan berjalan ketika kita mengetahuinya. Salah satunya dengan siklus tentang akuntansi. Untuk memahaminya, tentu harus dengan banyak membaca dan itulah yang dilakukan oleh akuntan. Akuntan harus bisa menjelaskan tentang siklus akuntansi. Seperti apakah pemahamannya?

Perlukah Memahami Pentingnya Transaksi Keuangan?

Dalam ruang lingkup ekonomi, tentunya tidak pernah lepas dari yang namanya transaksi. Transaksi dilakukan guna mendapatkan sesuatu yang diinginkan, dengan menjalin kerja sama. Untuk itulah kita perlu memahami pentingnya transaksi keuangan. Seperti apakah jelasnya?

Yuk Cari Tahu Apa Sih Pentingnya Buku Besar!

UNtuk mempelajari tentang ekonomi, sejatinya kita harus menggtahui banyak materi, salah satunya dengan buku besar. Buku besar memang umum ditemui dalam bidang ekonomi, khususnya ketika melakukan transaksi. Namun seberapa pentingnya buku besar itu? Temukan saja di sini!