Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang:

Beberapa Bukti Transaksi yang Digunakan Perusahaan Jasa

Bukti transaksi merupakan “pintu masuk” dalam pembuatan laporan keuangan. Tak ada bukti transaksi, maka tak akan pernah ada siklus akuntansi dengan laporan keuangan sebagai produk akhirnya. Itu sebabnya, baik perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur sudah pasti memiliki bukti- bukti transaksi dari kegiatan ekonomi yang mereka lakukan.

Manfaat, Fungsi, dan Jenis Buku Besar Pembantu

Jurnal umum merupakan “buku harian” perusahaan. Semua transaksi keuangan tak boleh luput untuk dimasukkan ke jurnal tersebut. Bagaimana bentuk jurnal umum dan contoh penggunaannya?

Pengertian, Pentingnya, Fungsi, dan Jenis Jurnal Khusus

Jurnal khusus merupakan perincian dari jurnal umum. Mengapa diperlukan jurnal khusus dan apa saja jenis- jenis jurnal khusus tersebut?

Jurnal Pembalik, tidak Wajib, tapi “Harus” Dibuat

Jurnal penutup adalah jurnal WAJIB yang harus dibuat perusahaan. Hal ini menyangkut “hidup dan mati”nya akun nominal untuk periode selanjutnya. Seberapa pentingkah jurnal penutup dibuat, bagaimana, dan apa saja unsur- unsurnya?

Pentingnya Jurnal Penyesuaian dan Jenis-Jenisnya

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan kondisi riil dengan yang ada pada catatan. Mengapa hal tersebut perlu disesuaikan. Apa tujuannya. Apa saja jenis- jenis jurnal penyesuaian.

Jurnal Umum, Komponen, dan Contoh Penggunaannya

Jurnal umum merupakan “buku harian” perusahaan. Semua transaksi keuangan tak boleh luput untuk dimasukkan ke jurnal tersebut. Bagaimana penggunaan dan bentk dari jurnal umum tersebut?