Muay Thai adalah sebuah seni beladiri yang berasal dari Thailand. Seni Beladiri Muay Thai merupakan seni beladiri yang keras dan hampir menyerupai seni beladiri lain dari wilayah Cina. Secara etimologi, Muay sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti bela diri menggunakan kepalan tangan atau tinju. Muay Thai disebut juga dengan istilah seni delapan tungkai karena teknik yang digunakan pada beda diri ini banyak menggunakan pukulan, tendangan, sodokan menggunakan siku, serangan dengan lutut dan juga menggunakan delapan titik kontak yang terdapat pada tubuh.

Seni ini pada awalnya digunakan para anggota militer yang berperang di wilayah Thailand. Bangsa Siam kuno sebagai pencipta seni bela diri ini pada awalnya bertempur menggunakan senjata. Akan tetapi seiring perkembangan, Muay thai tidak lagi menggunakan senjata melainkan berfkus pada titik penyerangan menggunakan bagian tubuh.

Kini Muay tidak hanya sekedar menjadi alat pertahanan diri, namun sudah menjadi salah satu jenis cabang olah raga yang dilombakan diberbagai ajang kompetisi kejuaraan olah raga. Teknik pertempuran yang diajarkan cukup praktis. Bahkan di beberapa kesempatan, seni beladiri ini disajikan sebagai hiburan di beberapa kegiatan.

Teknik bertempur pada Muay Thai terbagi menjadi dua, yaitu mae mai atau teknik utama dan luk mai atau teknik pendamping. Pada Muay Thai banyak dilakukan pertempuran penuh dengan adu pukulan. Gerakan tubuh dalam bentuk tangkisan, tendangan, pukulan siku dan hantaman dijadikan sebuah gerakan yang indah sehingga dapat dijadikan sebagai gerakan menghibur seperti layaknya tarian.

Teknik memukul pada beladiri Muay Thai yang pada awalnya merupakan sebuah gerakan sederhana dapat dikembangkan menjadi teknik menyilang dan memutar atau melingkar dilakukan dengan lengan yang lurus. Selanjutnya pukulan mendarat menggunakan telapak tangan atau tumit dari telapak tangan.

Siku lengan juga menjadi alat untuk menghajar lawan dengan sodokan siku. Begitu pula menggunakan lutut yang ditekuk untuk melakukan pukulan terhadap lawan. Guna memotong bagian pelipis dari lawan, pukulan dari sisi samping siku dapat dijadikan jusrus penghabisan hingga lawan dapat terluka.

Tendangan dilakukan dengan sistem lurus, memutar, diagonal serta tendangan tulang kering. Tendangan menggunakan tumit dan tendangan dengan gaya meloncat juga diajarkan pada teknik beladiri ini. Pada muay Thai dikenal dua tendangan yaitu teep dan teh chiang. Teh chiang merupakan teknik menendang ke atas dengan bentuk segitiga yang memotong di bagian bawah dari lengan dan rusuk. Sementara teep merupakan teknik dorongan menggunakan kaki. Lawan dapat terjengkang atau terpental dengan adanya dorongan menggunakan kaki ini.

Peraturan seni beladiri Muay Thai berbeda-beda di setiap negara yang mempraktekkan jenis beladiri tersebut namun otoritas penuh tetap menjadi salah satu beladiri dan cabang olah raga negara Thailand.

Loading...