Sejarah terbentuknya negara Inggris dimulai pada sekitar abad ke-5 Masehi. Pada awalnya negara Inggris atau England adalah negara bagian dari Britania Raya. Negara ini memiliki wilayah perbatasan dengan Scotlandia di wilayah utara dan Wales di sebelah selatan. Wilayah barat laut berbatasan dengan laut irlandia, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Laut utara.
 
Selat inggris di sebelah selatan memisahkan negara Inggris dari benua Eropa.
Pertama kali negara Inggris dihuni oleh bangsa dari golongan modern pada masa paleolitikum. Bangsa yang pertama kali menghuni adalah bangsa Angles, merupakan bangsa daru suku Jerman kuno yang menetap di wilayah Inggris pada sekitar abad 5 hingga 6 Masehi. 
 
Selanjutnya negara Inggris bersatu dan menjadi sebuah negara pada tahun 927 Masehi. Meskipun negara Inggris hanya kecil, namun pengaruhnya sangat bear terhadap perkembangan dunia. Bahkan bahasa Inggris menjadi bahasa yang diterapkan secara Internasional. 
 
Nama angles, menjadi inisial dari istilah England serta menjadi nama dari gereja Anglikan serta hukum yang berlaku di Inggris.sistem parlementer merupakan sistem yang berkembang di negara Inggris dan mampu memberikan pengaruh kuat terhadap sistem pemerintahan di beberapa negara di dunia.
 
Revolusi industri yang berkembang pada abad 18 pun pertama kali terjadi di negara Inggris. Sehingga Inggris dinyatakan sebagai negara Industri pertama. Royal society yang terdapat di inggris memiliki peran penting di dalam dasar berkembangnya ilmu pengetahuan serta penelitian ilmiah serta tehnologi di tataran internasional. Bahkan ilmuwan dari inggris sempat dijadikan kiblat bagi berbagai jenis penemuan selanjutnya.
 
Britania Raya, sebagai sebuah wilayah yang secara luas melingkupi negara-negara di dalamnya termasuk Inggris terbentuk pada sekitar 10.000 tahun yang lalu. Kebudayaan yang pertama berada di wailayah tersebut adalah kebudayaan beaker, tepatnya pada tahun 2500 sebelum Masehi.
 
Kebudayaan tersebut membuat tanah liat dan berbagai jenis kerajian industri dari bahan alam yang menjadi penanda masa neolitikum. Musemum stonehenge dan Avebury dibangun pada periode ini. perunggu mulai dibuat dan juga berbagai jenis barang seni yang berasal dari timah serta tembaga mulai menghiasai pasar di wilayah Britania.
 
Masa perunggu atlantik merpakan sebuah masa di mana perunggu dijadikan bahan untuk hampir sebagian besar kebutuhan hidup. Industri perunggu dikuasai oleh warga britania pada masa tersebut. Perluasan dari britani di waktu itu meliputi wilayah perancis dan juga Iberia.
 
Pada tahun 43 Masehi, negara Romawi melakukan invasi ke Britania dan Britania sempat jatuh ke kekuasaan romawi dan menjadi provinsi Britania. Namun pemberontakan suku Catuvellauni di bawah pimpinan caratacus berhasil mengeluarkan Britania dari cengekeraman Romawi. Pada abad ke 3 Britania mengalami kemerdekaan di bawah pemerintahan Kaisar Septimius Severus.
 
Tahta Inggris setelah Britania merdeka dimulai oleh adanya penyatuan Inggris dan diperintah oleh edward. Tahun 1066, Willian menaklukkan Inggris yang sebelumnya dipimpin oleh bangsa Norman. Masa william mengukir sejarah baru di Inggris di mana bahas Inggris menjadi berkembang menggantikan bahasa sebelumnya, Perancis. Selanjutnya Raja Hendry II memerintah Kerajaan Inggris dan Inggris berhasil memperluas wilayah sampai ke negara Perancis. Perancis berada dibawah kekuasaan Inggris selama tiga abad dengan raja-raja berikut : Richard I , Edward I dan III serta henry IV. Demikian sejarah terbentuknya negara Inggris.