Sejarah penemuan kereta api pertama kali ditemukan oleh George Stephenson pada tahun 1781 sampai 1848. Penemuan kereta api karena sejak kecil Stephenson selalu mengikuti dan mengamati ayahnya yang bekerja sebagai penjaga tengku mesin uap di tambang batu bara. Saat itu Stephenson masih kecil, kehidupan ekonomi keluarganya juga miskin.

George Stephenson

George Stephenson si anak tukang uap batu bara ini dilahirkan di Wylam, dekat dengan Newcastle Inggris. Sejak kecil Stephenson tidak pernah mengenyam bangku pendidikan. Tidak aneh jika ia tidak bisa membaca. Pernah suatu ketika ia ingin sekali melihat kejadian perang yang terjadi di Inggris dan Prancis. Sayangnya berita itu hanya dapat dilihatnya lewat surat kabar, ia menyayangkan karena dirinya tidak mampu membaca berita di koran tersebut.

Lelaki yang dilahirkan pada 9 Juni 1781 ini ia sudah bekerja mencari nafkah di usianya yang ke delapan. Ia bekerja sebagai pengembala sapi. Sekitar usia yang ke empat belas akhirnya Stephenson memutuskan membantu ayahnya bekerja dipertambangan, sebelum akirnya Stephen diangkat menjadi juru mesin.

Ketertarikannya di mesin uap membuatnya berinisiatif untuk menjadikan uap mesin menjadi sesuatu yang berbeda. Ia mulai mengamati cara kerja mesin uap. Memang dia tidak bisa membaca, tetapi ketidakmampuannya membaca tidak menghalanginya untuk tetap belajar.

Akhirnya keinginannya bisa membaca dan bisa sekolah terwujud. Di usianya yang ke sembilan belas Stephenson akhirnya mengenyam pendidikan tidak jauh dari rumahnya. Frances Herderson adalah seorang wanita yang dipilih Stephenson untuk menjadi istrinya, mereka menikah. saat itu Stephenson berusia 32 tahun, mereka masih hidup miskin.

Demi menghidupi keluarga barunya ini mereka bekerja di lain tempat untuk menambah pendapatan menjadi tukang lampu, tukang jahit sepatu bahkan juga pernah menjadi tukan arloji. Mereka memiliki dua buah cinta mereka yang diberi nama Robert Stephenson.

Semangat Stephenson bidang uap air ini membuatnya tidak mau menyerah begitu saja. Ia mempelajari dengan tekun sehiingga ia menjadi sosok yang ahli dibidang tersebut, terutama di bidang ahli mesin seluruh tambang batubara di Killingworth. Hasil pengamatannya selama ini mulai terlihat. Tahun 1814 ia membuat lokomotif Blucher.

Lokomotoif ini mampu membawa tiga puluh ton batu bara hanya dengan menggunakan delapan gerbong, kecepatan yang dihasilkan dari  lokomotif ini sekitar 6,4 km perjam. Ini sangat membantu bagi perusahaan tambang tersebut. Keberhasilan yang pertama di susul lagi yang keduanya, ia menciptakan lokomotif Rocket tahun 1829, ada pun dua lokomotif lain, seperti atlas dan patentee.

Stepthenson satu-satunya orang pada waktu itu yang mampu memasangkan rel keret api. Rel inilah yang mempu mengangkut batu bara dari Stocktan menuju Darlington, dan ini penemuan kereta api yang pertama di operasikan sebagai pengangkut barang. Pada tanggal 15 September 1830 kereta api pengangkut penumpang baru muncul. Rute pertamakali kereta api penumpang ini dari Liverpool menuju Manchester, dengan jarak tempuh sekitar 64km.

Inilah sejarah penemuan kereta api pertama kali. Tanpa jasa sosok Stephenson kereta api dapat dinikmati hampir semua orang di dunia. Bahkan kereta api ini kini dikembangkan menjadi kereta api super cepat dengan memanfaatkan kekuatan elektrik, seperti di Jepang.

Pada tanggal 12 Agustus 1848 akirnya penemu kereta uap ini menutup mata untuk selamanya di Chesterfield Inggris. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat belajar. Sekian.