Sejarah Asia Barat Daya:

Timur Tengah Menjadi Kekuatan Baru di Dunia

Timur Tengah memiliki nilai strategis untuk menjadi sebuah kekuatan baru di dunia. Nilai-nilai strategis, minyak, dan ideologis menjadikan alasan tersendiri bagi kawasan ini untuk memimpin di masa yang akan datang. Namun, campur tangan asing rupanya tidak menghendaki demikian. Arab Spring menjadikan kemungkinan akan lahirnya kekuatan. Artikel ini akan memaparkannya secara lengkap.

Menelaah Sejarah Kehidupan Bangsa Asli Timur Tengah

Kehidupan bangsa asli Timur Tengah, meliputi budaya, keadaan sosial, dan politiknya menarik untuk dikaji. Bangsa asli Timur Tengah yang dimaksud adalah bangsa asli yang hidup di masa lampau. Beberapa bangsa asli Timur Tengah sangat masyhur dan sudah jamak kita dengar. Artikel cantik ini akan mengulasnya lebih jauh.

Negara Timur Tengah Berlomba-lomba dengan Senjata

Timur Tengah seringkali menjadi sorotan dunia. Hal ini terjadi karena beragam konflik bersenjata yang seringkali membuat sejarah menjadi muram. Salah satu yang seringkali menjadi sorotan adalah perlombaan senjata. Bukan hal yang baru lagi jika senjata menjadi daya tarik bagi negara-negara di Timur Tengah. Namun, mengapa perlombaan ini kian hari kian meruncing? Apakah motif dan alasan bagi perlombaan senjata ini? Artikel ini akan mengurainya dengan cermat.

Mesir dan Peradaban Kuno Mesopotamianya

Peradaban kuno merupakan awa mula manusia membangun bangsa, dan budaya. Salah satu dari peradaban dunia yang tertua dan kuno adalah Mesopotamia, dan Mesir kuno. Kedua peradaban itu terletak di Timur Tengah. Jika ingin mengetahui bagaimana Timur Tengah di masa lampau, maka menelaah dua peradaban ini adalah hal yang mutlak.

Menjelajahi Peradaban Kuno Persia dan Syria

Dua peradaban yang tumbuh dan berkembang di Timur serta memiliki arti penting bagi kemajuan Romawi adalah peradaban Persia dan Syria. Dua peradaban ini menjadi simbol kejayaan di masa lalu. Peninggalan-peninggalannya pun masih sempat kita saksikan hingga kini. Artikel ini akan mengajak kita menjelajahi keagungan peradaban kuno Persia dan Syria.

Negara-negara Timur Tengah dengan Nasionalisme Tinggi

Nasionalisme ibarat dua mata pedang yang harusnya diwaspadai. Walaupun begitu, banyak pula negara-negara khususnya di Timur Tengah yang secara euforia mengakarkan nasionalisme dalam sejarah panjangnya. Artikel ini akan mengangkat masalah-masalah yang berkaitan dengan nasionalisme, khususnya di Saudi Arabia, Mesir, dan Palestina.

Mengenal Lebih Jauh Bangsa Arab

Bangsa Arab merupakan ras yang paling dominan di Timur Tengah. Mengetahui sejarah panjang dari bangsa Arab, akan memudahkan kita untuk mengetahui karakteristik kepemimpinannya di Timur Tengah. Demikian halnya dengan asal usul, jenis, dan sejarahnya yang mampu membuat banyak pakar terkagum-kagum. Artikel ini akan membahasnya secara jelas.

Kondisi Geografis, Sosial, dan Ekonomi Timur Tengah

Kajian Timur Tengah tentunya tidak akan lepas dari sisi geografis, sosial, dan ekonomi. Secara geografis kondisi fisik Timur Tengah sangat unik dengan sahara, gurun, sungai, dan terusan-terusannya. Sedangkan dari sisi sosial, keberagaman etnis juga agama menarik untuk dikaji—walaupun memang etnis Arab serta agama Islam mendominasi kawasan ini selama berabad-abad hingga kini. Demikian halnya dengan pertumbuhan ekonomi minyaknya yang luar biasa. Artikel berikut akan secara rinci mengulas hal ter

Menelaah Keadaan Sosial Budaya Bangsa Arab Pra-Islam

Keadaan sosial budaya bangsa Arab pra-Islam penting untuk diketahui, agar mampu memberikan analisis tepat terhadap perkembangan Timur Tengah di kemudian hari. Sejarah yang mengalir di Asia Timur Kuno ini ternyata menari untuk dipelajari dengan beranekaragamnya agama, keadaan sosial, dan geografis bangsa Arab pra-Islam. Artikel ini akan mengulasnya lebih jauh.

Arti Timur Tengah Menurut Perspektif Geografis dan Geopoliti

Kawasan Timur Tengah merupakan kawasan yang memiliki nilai penting di mata dunia. Khususnya oleh negara-negara Barat. Oleh karena itu, penting untuk memahami arti Timur Tengah secara Geografis dan Geopolitis. Secara Geografis letak Timur Tengah adalah di Asia Barat Daya, dan sebagian besar negara-negara di Afrika Utara. Sedangkan secara Geopolitis, Timur Tengah memiliki sumber daya minyak, dan gas alam terbesar di dunia. Artikel berikut akan menjelaskan secara terperinci hal tersebut.

Sejarah Asia Barat tentang Mesopotamia dan Babilonia

Tahukah Anda sejarah Asia Barat? Sejarah di Asia Barat ini mengacu pada peradaban yang ada sekaligus berkembang di Lembah Sungai Tinggris serta di Sungai Eufrat di wilayah Asia Barat. Peradaban yang paling terkenal di lembah sungai ini yaitu Mesopotamia dan Babilonia. Berikut ini adalah ulasan singkatnya. Selamat membaca!