Riwayat penyanyi legenda Amerika Whitney Houston sudah sangat dikenal oleh banyak orang seluruh dunia. Suaranya yang bisa mencapai lima oktaf tersebut, dijuluki sebagai penyanyi bersuara emas. Oleh sebab itulah namanya menjadi terkenal di penjuru dunia.

Mengenal Whitney Houston

Whitney Houston memiliki nama asli Whitney Elizabeth Houston. Ia lahir di East Orange, New Jersey, Amerika Serikat pada 9 Agustus 1963. Whitney merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara yang terlahir dari pasangan John Russel Houston dan Cissy Houston. Bakat menyanyi Whitney didapatkan dari turunan ibunya.

Nama Whitney Houston mulai dikenal masyarakat saat merilis single “Saving All My Love You” pada 1985. Single tersebut menjadi bagian dari album pertamanya yang bertajuk “Whitney Houston”. Albumnya terjual sebanyak dua puluh lima juta copy. Seketika itu namanya menjadi melejit dan mendapatkan penghargaan “Diamonds Award” karena penjualan album yang menakjubkan.

Dengan kemampuan vokal yang luar biasa, penyanyi berzodiak Leo ini berhasil merilis tujuh album studio, empat album kompilasi, dan tiga album soundtrack. Whitney merambah kemampuannya dengan berakting di layar kaca. Debut akting pertamanya di tahun 1992, yaitu saat Whitney membintangi film The Bodyguard bersama dengan aktor Kevin Costner. Ia menjadi tokoh utama sekaligus menyanyikan soundtrack film tersebut dengan judul I Will Always Love You.

Hingga saat ini, album dan single Whitney telah terjual 170 juta copy. Ini merupakan penjualan album terlaris di dunia sepanjang sejarah entertainment. Ia juga sempat mengalahkan rekor The Beatles dan Bees Goes yang telah enam kali berada di nomor satu tangga Bilboard Hot 100.

Kehidupan Pribadi

Whitney sempat memiliki hubungan khusus dengan pemain baseball, Randall Cunningham dan aktor bernama Eddie Murphy. Namun hati Whitney berlabuh pada penyanyi RnB, Bobby Brown. Mereka menikah pada tanggal 18 Juli 1992. Dari pernikahannya tersebut dikaruniai seorang anak perempuan yang dinamai Bobbi Kristina.

Pernikahan Whitney-Bobby sangat disayangkan oleh penggemar dan beberapa pihak. Selain disebabkan karena umur Bobby yang lebih muda enam tahun dari Whitney, beberapa pihak merasa kecewa karena Whitney berubah menjadi penyanyi yang suka mabuk-mabukan, perokok, dan menjadi pecandu narkoba, yaitu morfin. Akhirnya mereka bercerai pada tanggal 24 April 2007.

Bukannya membaik, kehidupan Whitney semakin berantakan. Ia semakin aktif memakai barang terlarang, seperti kokain, ganja dan jenis narkoba yang lain. Whitney sempat menandatangani kontrak dengan label Arista pada bulan Agustus 2001 untuk pembuatan album rekaman. Tak tanggung-tanggung, Arista menggelontorkan uang sebesar 100.000.000 dolar Amerika untuk enam album Whitney ini. Sayangnya baru satu album yang bisa dirilis, yaitu album bertajuk “I look to You” pada tahun 2009. Karena penjualan album jeblok, akhirnya produksi album ini dihentikan.

Kondisi tersebut diperparah dengan suara Whitney yang rusak. Tenggorokannya kering dan tidak dapat menjangkau lima oktaf lagi. Sampai-sampai konser Whitney di London pada April 2011 terpaksa dihentikan karena kondisi Whitney yang semakin memburuk. Whitney langsung bangkrut karena uangnya digunakan untuk rehabilitasi dari kecanduan obat. Label Arista juga turut membantu Whitney dalam menutup biaya kehidupan.

Whitney Houston meninggal di usia 48 tahun, tepatnya 11 Februari 2012. Ia ditemukan tidak bernyawa di bathtub kamar hotel Beverly Hilton, California. Itulah riwayat penyanyi legenda Amerika Whitney Houston.