Riwayat Janet Jackson dari kecil hingga kariernya yang gemilang di bidang tarik suara membuat banyak orang terinspirasi dan termotivasi untuk terus belajar guna meraih impian. Janet Jackson lahir pada 16 Mei 1966 di Gary, Indiana. Siapakah Janet Jackson? Dia merupakan adik dari Michael Jackson yang sangat populer dengan album “King of Pop”.

Awal Karier

Janet memulai kariernya pada 1976 sebagai aktris dari serial televisi The Jackson. Pada 1978, Janet mulai mencoba duet dengan sang kakak Randy dalam lagu yang berjudul “Love Song for Kids”.  

Tahun 1982, sang ayah mulai mengatur sebuah kontrak antara putrinya dengan A&M records. Janet yang usianya baru genap 16 tahun ini mulai menandatangani kontrak rekaman dengan sebuah perusahaan A & M untuk merilis debut self-titled albumnya. Meskipun agak khawatir saat memulai karier bermusiknya, Janet tetap semangat dan berusaha tampil sebaik mungkin saat sesi rekaman. Hasilnya sungguh di luar perkiraan, album perdana yang dilirisnya laris dan berada di posisi 6 di Billboard Hot R&B album chart. Sukses dengan debut pertamanya, Janet meliris album keduanya yang bertajuk “Deam Street”. Dalam proyek tersebut, sang ayah mengerahkan saudara-saudaranya untuk membantu proses produksi album Janet.  

Jadi, pada album tersebut, ada Marlon yang bertindak sebagai penulis materi album, lalu Jackie,  Tito, dan Michael bertindak sebagai backing vocal. Namun tak seperti album sebelumnya, Dream Street hanya berada di posisi 9 di R&B album chart karena kurang lancarnya penjualan album ini.

Belajar dari perilisan album Dream Street, pada 1986, Janet akhirnya memutuskan untuk memisahkan urusan keluarga dengan bisnis. John McClain yang merupakan eksekutif produser dari A&M Records mengajak Jimmy Jam dan Terry Lewis untuk bekerjasama dengannya. Hanya dalam waktu enam minggu, Janet, Jimmy Jam dan Terry Lewis berhasil merilis album ketiga, yang bertajuk CONTROL. Album ini langsung berada pada posisi teratas dalam Billiboard 200. Sejak saat itu, nama Janet mulai banyak dikenal berbagai kalangan, bahkan sebuah surat kabar internasional mengabarkan berita baik tentangnya.

Bulan September 1989, album bertajuk “Janet Jackson Rhythm Nation 1814” yang bertema cinta mulai dirilis dan langsung mengundang decak kagum pendengarnya di seluruh dunia. Bulan Mei 1993, Janet merilis album kelima berjudul Janet. Albumnya kali ini dirilis oleh Virgin Record. Sebagaimana album-albumnya sebelumnya, album Janet juga berhasil menduduki posisi teratas Billiboard 200.

Salah satu single dalam Album “Janet” berhasil memenangkan Piala Grammy tahun 1994 dan Janet berhasil meraup kesuksesan, karena albumnya terjual hingga lebih dari 20 juta kopi. Kesuksesan Janet berulang lagi saat dia merilis album keenam yang bertajuk “The Velvet Rope” tahun 1997 dan album ketujuh yang bertajuk  All for You pada April 2011.

Album yang Tak Meraih Sukses

Namun, tak semua album Janet meraih sukses yang gemilang. Terbukti album kedelapan yang bertajuk Damita Jo hanya berhasil menduduki peringkat runner up di Billiboard 200. Merasa tidak mengalami kemajuan, pada bulan Juli 2008, Janet menggandeng Island Records merilis album kesepuluh yang bertajuk Discipline. Ternyata hasilnya tak seperti yang diharapkan.

Banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari riwayat Janet Jackson.  Semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Anda untuk meraih mimpi.