Puasa Sunah:

Mengenal Puasa Ayyamul Bidh

Berbeda dengan puasa sunah Senin Kamis, puasa Daud, puasa Syawal, maupun puasa Arafah, puasa Ayyamul Bidh mungkin agak asing di telinga kita walaupun amalannya sering dilakukan. Padahal puasa Ayyamul Bidh mempunyai hikmah dan manfaat yang sangat besar bagi yang melaksanakannya. Salah satunya adalah dapat memperhalus temperamen dan mental. Benarkah demikian? Lalu apa hubungannya dengan gravitasi bulan? Temukan jawabannya dalam uraian berikut ini.

Mengenal Puasa Daud

Pernahkan Anda mendengar atau melaksanakan puasa Daud? Kata puasa Daud merupakan salah satu istilah yang tidak asing bagi umat Islam. Puasa Daud merupakan salah satu puasa sunah yang paling disenangi oleh Allah SWT. Mengapa demikian? Temukan jawabannya dalam uraian berikut ini.

Hikmah Menjalankan Puasa Sunah

Ippho Santosa, dalam buku 7 Keajaiban Rezeki menuliskan bahwa salah satu cara untuk mempermudah mengalirnya rezeki sdalah dengan melaksanakan puasa sunah. Dalam suatu kesempatan acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, penulis pun pernah mendengar hal yang sama dari ustadz penceramah dalam acara tersebut. Namun benarkah demikian? Berikut ini akan diuraikan mengenai berbagai macam hikmah yang dapat dirasakan oleh seseorang yang senantiasa melaksanakan puasa sunah.

Mengenal Puasa Arafah

Begitu banyak cara yang disediakan oleh agama Islam untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Tidak hanya mengajarkan bagaimana cara meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT tetapi juga keseimbangan antara cara-cara mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Salah satunya adalah puasa Arafah. Mengapa puasa Arafah dapat dikatakan sebagai salah satu ibadah sunah yang dapat memberikan keseimbangan kebahagiaan di dunia dan akhirat? Berikut ini akan diuraikan penjelasannya.

Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis

Kata puasa Senin Kamis tentunya sangat bersahabat dengan pendengaran Anda, bahkan mungkin di antara Anda ada yang sering melaksanakannya. Namun apakah Anda mengetahui makna dan hikmah super ajaib yang terkandung di dalamnya? Tulisan ini akan membahas tidak sekadar menunaikan ibadah sunah, namun makna lain yang dapat mengubah pribadi dan hidup Anda. Tidak percaya? Mari kita simak uraian berikut ini!

Manfaat Puasa Sunah Syawal

Anda pernah melaksanakan puasa Syawal? Tentunya ya, bukan? Mengingat begitu besar hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya, maka sudah semestinya kita sebagai umat Islam melaksanakan ibadah puasa sunah tersebut. Puasa Syawal memiliki keistimewaan yang tidak kalah istimewanya dengan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Apakah keistimewaannya itu? Temukan uraiannya berikut ini.