Psikolinguistik:

Berbagai Disiplin Ilmu dari Psikolinguistik

Psikolinguistik bukan ilmu yang asing bagi mereka yang bergelut di bidang linguistic maupun spikologi. Karena, disiplin ilmu ini memang lahir dari dua ilmu tersebut. Dari penggabungan itulah lahir kembali cabang-cabang psikolinguistik. Cabang psikolinguistik tersebut pastinya masih berhubungan dengan dua ilmu yang menjadi akarnya. Ingin tahu apa saja? Simak pada artikel di bawah ini!

Hakikat, Ciri Bahasa Manusia dan Proses Berbahasa

Bahasa adalah bagian dari hidup manusia yang tidak bisa dihapuskan. Karena bahasa adalah salah satu ciri yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, seperti hewan atau tumbuhan. Di dalamnya ada hakikat, cirri hingga bagaimana proses sebuah bahasa dapat diujarkan. Tertarik lebih lanjut? Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini!

Fungsi Bahasa Sesungguhnya

Seperti yang kita tahu bahwa bahasa adalah alat komunikasi paling mendasar yang dimiliki oleh manusia. Berdasarkan fungsinya tersebut, bahasa jadi media manusia dalam melakukan kegiatan sosial. Seperti apa persisnya? Anda bisa mengetahui apa saja fungsi bahasa dari artikel di bawah ini!

Pembelajaran bagi Anak dengan Kelainan Bicara dan Bahasa

Kelainan bicara merupakan salah satu masalah dalam bidang kebahasaan. Penderitanya tidak bisa berbahasa sehingga mereka mengalami kesulitan untuk berbicara. Kelainan bicara pada anak-anak memang sudah seharusnya mendapat perhatian yang lebih, salah satu upayanya adalah bagaimana mengajarkan mereka berbicara melalui pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut, simak pada artikel ini!

Perkembangan Psikolinguistik dalam Tiga Generasi

Sebuah ilmu sejatinya terus melahirkan hal-hal baru. Hal-hal baru tersebut cenderung bersifat saling menggantikan. Demikian hal nya dengan psikolinguistik. Perkembangan psikolinguistik ini dibedakan menjadi beberapa generasi? Apa saja itu? Simak pada artikel berikut ini!

Proses Pemerolehan Bahasa

Pemerolehan bahasa merupakan kajian tentang bagaimana seorang manusia memeroleh atau mendapatkan bahasanya. Pemerolehan bahasa dikenal juga dengan istilah language acquisition. Bagaimana lebih lengkapnya? Anda akan mendapatkannya jika terus melanjutkan membaca artikel ini!

Pengenalan Awal Psikolinguistik

Psikolinguistik merupakan ilmu gabungan dari dua disiplin ilmu yang sangat berbeda dunia. Antara Psikologi dan Linguistik. Namun, siapa yang sangka, penggabungan dua ilmu beda dunia tersebut dapat melahirkan sebuah kajian yang menarik. Tidak percaya? Simak saja pada artikel di bawah ini!

Ragam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai keperluan. Beragamnya keperluan itu lah yang ikut melahirkan ragam bahasa Indonesia. Ya. Ragam bahasa Indonesia hadir untuk membedakan antara kepentingan yang satu dengan kepentingan lain. Pasti penasaran! Simak saja artikel berikut ini!

Strategi dan Faktor Penunjang dalam Belajar Bahasa

Sebagai bagian dari kesatuan bahasa yang sangat besar, bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang menarik untuk dipelajari. Terutama berkenaan tentang bagaimana bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ada beberapa faktor pendukung ketika seseorang mulai belajar bahasa. Apa saja? Anda bisa mendapatkannya pada artikel di bawah ini!

Strategi Pengelolaan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran, untuk pelajaran apapun, termasuk bahasa Indonesia, wajib diketahui oleh para tenaga pengajar. Tentu saja, karena ini berkenaan dengan bagaimana sebuah mata pelajaran dapat dimengerti oleh para siswa. Artikel ini akan memberikan Anda tambahan informasi tentang metode pembelajaran. Simak!

Berkenalan dengan Tokoh-tokoh Psikolinguistik

Hadirnya cabang-cabang ilmu yang ada di dunia ini tak lepas dari pemikiran para ahli. Termasuk juga psikolinguistik. Tokoh psikolinguistik adalah mereka yang berkecimpung dan meneliti ilmu ini sampai hal-hal terkecil. Salah satunya adalah Ferdinand de Saussure. Lalu, siapa lagi tokoh psikolinguistik? Simak pada artikel di bawah ini!