Pranata Sosial:

Pengertian Pranata Agama dan Fungsinya

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata pranata agama? Sesuatu yang berhubungan dengan dosa? Ataukah perintah-perintah dan larangan-larangan Allah SWT? Atau mungkin juga sesuatu yang berhubungan dengan surga dan neraka? Jika hal tersebut benar terlintas dalam pikiran Anda, maka hal tersebut sangatlah wajar dikarenakan agama senantiasa mengarah kepada hal-hal yang dilarang dan diperintahkan oleh Allah SWT. Penulis berpendapat, bahwa jika semua umat manusia di dunia ini telah menjalankan pran

Pengertian Pranata Keluarga dan Fungsinya

Kita tentunya pernah memperhatikan seorang anak yang menjadi pengemis di jalanan. Penampilannya begitu lusuh dan mengyedihkan. Tentunya pada saat itu, pikiran kita langsung melayang kepada orang tuanya. Bahkan muncul berbagai pertanyaan, apakah dia dipaksa melakukan hal itu oleh orang tuanya, atau memang keadaanlah yang mengharuskan mereka berbuat seperti itu. Adalah bukan sebuah kesalahan jika dalam benak kita timbul pertanyaan-pertanyaan tersebut, karena walau bagaimanapun baik tidaknya seoran

Memahami Fungsi dan Karakteristik Pranata Sosial

Kehidupan sosial bermasyarakat yang nyaman, aman, tertib, dan teratur merupakan bagian dari fungsi pranata sosial. Pranata sosial dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang terkendali, tidak akan ada konflik yang akan merusak hubungan sosial di antara anggota masyarakat jika mereka menerapkan norma-norma yang telah disepakati dan diatur dalam pranata sosial. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dan karakteristik pranata sosial ini, berikut uraiannya.

Definisi dan Pengertian Pranata Sosial

Dalam bermasyarakat, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti kebutuhan pendidikan, kebutuhan mata pencaharian, kebutuhan hiburan. Semua kebutuhanitu akan menimbulkan pranata sosial, mislanya kebutuhan akan pendidikan akan mengakibatkan munculnya lembaga pendidikan sebagai pranata sosial. Masih banyak pranata sosial yang lain, berikut ulansannya.

Memahami Proses Terjadinya Pranata Sosial

Suatu pranata sosial tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi melalui suatu proses yang panjang. Dimulai dari munculnya keinginan dan kebutuhan masyarakat akan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, hingga memunculkan suatu norma yang akhirnya, setelah norma itu dianggap sebagai pengendali dalam lingkungan itu, akan timbul suatu pranata sosial. Berikut uraian lengkapnya.