Naik dan turunnya pendapatan nasional per kapita suatu negara pasti mempunyai pengaruh dalam berbagai sektor perekonomian dalam suatu negara. Pendapatan per kapitanya bisa menunjukkan apakah negara itu mengalami kemajuan atau tidak.  Pendapatan per kapita, yaitu banyaknya pendapatan rata-rata penduduk dalam suatu negara.

Pendapatan per kapita bisa diketahui dengan dengan cara membagi hasil pendapatan nasional dengan jumlah penduduk yang ada dalam suatu negara. Pendapatan per kapita juga mencerminkan produk domestik bruto per kapitanya. Pendapatan per kapita merupakan hasil pendapatan rata-rata penduduk dalam suatu negara dengan periode tertentu. Waktu perhitungan dari pendapatan pe kapita biasanya dalam jagka waktu satu tahun.

Pendapatan per kapita juga mempunyai arti banyaknya jumlah dari nilai jasa dan barang rata-rata yang disediakan untuk setiap penduduk dalam suatu negara dalam periode tertentu. Pendapatan per kapita ini dihitung berdasarkan perolehan pendapatan nasional pada tahun tertentu dan dibagi dengan jumlah penduduk dalam suatu negara pada tahun yang sama.

Pendapatan per kapita biasanya digunakan untuk mengetahui tingkat kemakmuran dan juga tingkat pembangunan dalam sebuah negara. Dengan diketahui besarnya pendapatan per kapita dalam suatu negara, maka bisa diketahui makmur tidaknya negara tersebut. Semakin besar pendapatan per kapaitanya, maka semakin tinggi pula tingkat kemakmuran yang dicapai.

Konsep yang digunakan untuk menghitung pendapatan nasional per kapita yang biasa dipakai untuk menghitung pendapatan per kapita pada umumnya, yaitu pendapatan domestik bruto atau produk nasional bruto. Untuk mengetahui pendapatan per kapita, coba ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Tanyakan kepada orangtua kalian berapa banyak rata-rata penghasilan yang bisa didapat setiap bulannya. Setelah itu, kalikan 12 untuk mendapatkan penghitungan penghasilan selama setahun.
  • Hitunglah berapa banyak jumlah anggota keluarga kalian.
  • Penghasilan yang didapat selama setahun (a) dibagi dengan jumlah anggota keluarga (b). Hasil yang didapat adalah pendapatan per kapita dari keluarga kita.
  • Lalu, bandingkan pendapatan per kapaita keluarga kita dengan pendapatan per kapita Indonesia.

Setelah mengikuti cara-cara di atas, berapa yang bisa kalian dapatkan dari penghitungan pendapatan per kapita keluarga dengan pendapatan per kapita Indonesia? Jika penghitungan pendapatan per kapita keluarga kita yang didapatkan lebih tinggi hasilnya, pendapatan keluarga kita dikategorikan lebih tinggi dari rata-rata penadapatan per kapaita penduduk Indonesia. Sementara itu, jika penghitungan pendapatan per kapita keluarga kita lebih kecil daripada penghitungan per kapita penduduk Indonesia, hasil pendapatan per kapita keluarga kita lebih kecil dari pendapatan per kapita penduduk Indonesia pada umumnya.

Menurut salah satu pemerhati yang bernama Adam Smith, pemerintah suatu negara mempunyai tiga tugas yang harus dilakukan terhadap masyarakatnya, yaitu:

  1. Mampu melindungi keamanan masyrakat dari serangan pihak luar.
  2. Mampu memberikan perlindungan d idalam negeri, memberikan perlindungan penduduknya dari gangguan, dan ketidakadilan penduduk yang lain.
  3. Mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk yang ada dalam negaranya.

Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan penduduknya menyiapkan secara khusus dengan mengadakan pembangunan dalam berbagai sektor. Hasil yang diharapkan dari pembangunan itu akan meningkatkan hasil produksi yang berupa barang dan jasa yenag memiliki kualitas dan mempunyai jumlah yang banyak. Dari pembangunan itu, diharapkan adanya peningkatan pada pendapatan nasional yang akan menjadi cikal bakal peningkatan pendapatan per kapita penduduknya.

Jadi, jika ada pertanyaan apakah tingginya pendapatan per kapita suatu negara menjadi tolak ukur kemakmuran penduduknya, jawabannya belum tentu bisa dijadikan tolak ukur. Kenapa tidak bisa dijadikan tolak ukur? Hal ini dikarenakan tingginya pendapatan per kapita nasional hanya dihasilkan oleh sebagian kecil penduduk pada suatu negara.

Permasalahan yang penting terletak pada distribusi pada pendapatan nasional per kapita itu sendiri. Jadi, bila ada sebagian penduduk besar penduduk pada suatu negara memiliki pendapatan yang cukup tinggi, maka kemakmuran penduduk suatu negara bisa dijadikan tolak ukur pendapatan per kapita.

Pengaruh Pendapatan Nasional Per Kapita

Hubungan yang ada antara pendapatan nasional dan penduduk saling memberikan pengaruh dan berperan dalam perkembangan per kapita suatu negara. Banyak faktor atau hal yang mempengaruhinya antara lain sebagai berikut.

  • Ekonomi. Pendapatan ekonomi pada pendapatan nasional per kapita bisa memberikan perbedaan pada penghitungan pendapatan nasional. Tinggi rendahnya pendapatan yang dihasilkan oleh penduduk akan mempengaruhi penghitungan yang ada.
  • Adanya hubungan antara pendapatan nasional, penduduk, dan pendapatan per kapitanya, pendapatan nasional sebenarnya merupakan cakupan dari pendapatan penduduk dalam suatu negara. Dan tinggi rendahnya pendapatan akan mengakibatkan pengaruh pada tinggi dan rendahnya pendapatan suatu negara yang berkaitan. Ada beberapa kenyataan banyak atau sedikitnya jumlah penduduk secara tidak langsung akan mempengaruhi pendapatan per kapita suatu negara.
  • Kenyataan akan tingginya pendapatan nasional dalam suatu negara ternyata tidak menjamin pendapatan per kapita yang diperolehnya juga tinggi. Dalam hal ini, ternyata faktor jumlah penduduk juga mempengaruhi penentuan tinggi dan rendahnya pendapatan per kapita.
  • Sebagai rumusan dasar pendapatan nasional per kapita, yaitu produk domestik bruto per kapita dibagi dengan jumlah penduduk yang ada dalam suatu negara. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jumlah penduduk akan mempengaruhi tinggi dan rendahnya pendapatan per kapita dalam suatu negara. Negara dikatakan berkembang atau mengalami kemajuan jika pendapatan per kapitanya besar.
  • Faktor-faktor produksi dari suatu negara dalam waktu satu tahun adalah jumlah pendapatan yang bisa diterima oleh seluruh rumah tangga dalam keluarga itulah yang disebut dengan pendapatan nasional. Jika didapatkan penghitungan pendapatan nasional suatu negara tinggi, tapi pendapatan per kapitanya rendah, maka bisa dikatakan bahwa pertumbuhan ekonomi negara itu tidak merata. Dan, kalau terjadi pertumbuhan ekonomi yang tidak merata pada negara itu, akan terjadi perbedaan kesenjangan sosial yang tinggi. Dengan kata lain, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Dari situlah penyebab negara itu disebut sebagai negara miskin.
  • Kebanyakan negara berkembang menghadapi masalah adanya penghasilan penduduk yang tidak merata. Untuk mengatasi masalah yang ada, pemerintah bisa mengusahakan beberapa kebijakan ekonomi yang nantinya dapat menyelaraskan pendapatan nasional dengan jumlah penduduk negara itu.
  • Berdasarkan kesimpulan yang ada, pendapatan nasional adalah kerangka untuk perhitungan yang digunakan mengukur berbagai aktivitas ekonomi yang terjadi dalam perekonomian. Pendapatan yang diterima oleh rumah tangga keluarga per tahunnya adalah pendapatan per kapita. Dalam hal ini, dapat dikatakan pendapatan per kapita merupakan pemerataan dari pendapatan nasional. Pendapatan per kapita yang ada mendapat pengaruh dari jumlah penduduk yang ada dalam negara itu selain pendapatan nasional.
  • Tidak meratanya pertumbuhan ekonomi yang ada pada setiap daerah dikarenakan peningkatan pendapatan nasional yang ada selalu disertai dengan peningkatan jumlah penduduk yang ada. Karena tidak meratanya pertumbuhan ekonomi di daerah itu, maka terjadi adanya kesenjangan ekonomi seperti penggangguran dan kesenjangan sosial di masyarakat.

Berdasarkan permasalahan yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa majunya suatu negara dikarenakan seimbangnya pendapatan nasional dengan pendapatan per kapita penduduknya. Jika salah satunya tidak seimbang, negara yang bersangkutan tidak bisa masuk dalam kategori negara yang maju meski pendapatan nasionalnya besar. Untuk itu, peran pemerintah untuk mengadakan kebijakan ekonomi dalam berbagai sektor sangat diharapkan untuk kemajuan negara itu sendiri nantinya.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengaruh dari pendapatan nasional per kapita. Semoga penjelasan yang disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda.