Kemajuan sebuah negara salah satunya ditentukan dari kekuatan ekonomi yang menjamin kesejahteraan masyarakatnya. Dengan kata lain, jika ingin mengetahui tingkat kemajuan perekonomian suatu negara, kita bisa melihat dari pendapatan per kapita negara tersebut. Pendapatan per kapita pada dasarnya adalah pendapatan rata-rata penduduk pada suatu negara. Semakin tinggi pendapatan per kapita suatu negara mencerminkan kemakmuran negara tersebut.

Pendapatan Per Kapita Beberapa Negara

Negara-negara di Benua Afrika memiliki pendapatan per kapita yang terendah jika dibandingkan dengan negara-negara di seluruh dunia. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Nah, berikut ini informasi mengenai pendapatan per kapita bukan hanya Indonesia, tapi juga negara-negara di dunia.

Amerika Serikat

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar di dunia ini. Amerika Serikat memang sudah tidak diragukan lagi kekuatannya dalam bidang ekonomi. Sebagai salah satu negara yang menguasai pasar dunia, Amerika Serikat memiliki pendapatan per kapita $49.601. Mata uang dollar Amerika juga menjadi acuan negara-negara di seluruh dunia.

Luxemburg

Salah satu negara di Eropa ini merupakan negara terkecil di Eropa yang luasnya hanya 2.586 km persegi. Luxemburg memiliki perekonomian yang stabil dan industri yang terus dikembangkan. Hal ini didukung juga oleh rendahnya angka pengangguran dan inflasi di negara ini. Pendapatan per kapita negara ini merupakan yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai $87.955.

Kanada

Negara yang terletak paling utara di Amerika Utara ini merupakan negara terluas di Amerika Utara. Sumber daya alamnya yang melimpah menjadi salah satu faktor Kanada mampu berdiri menjadi negara dengan perekonomian yang maju. Kanada memiliki standar hidup yang tinggi dengan pertumbuhan pertambangan yang sangat pesat. Bahkan, perekonomian negara ini hampir mendekati Amerika Serikat. Pendapatan per kapita negara dengan ibu kota Ottawa ini mencapai $32.921.

Belanda

Negara yang dijuluki sebagai negeri kincir angin ini termasuk ke dalam salah satu negara maju di kawasan Eropa Barat. Belanda memiliki perekonomian yang maju dengan industri makanan, bahan kimia, minyak, hingga mesin listrik. Meski sektor pertanian Belanda menyediakan peluang kerja yang sangat kecil, negara ini mampu menghasilkan bahan pangan yang diekspor ke negara lain. Bahkan, Belanda termasuk ke dalam negara pengekspor terbesar bersama Amerika Serikat dan Prancis. Pendapatan per kapita negara ini mencapai $29.332.

Hongkong

Negara yang satu ini merupakan salah satu tujuan wisatawan di seluruh dunia. Bidang pariwisata inilah yang menjadi salah satu penopang perekonomian di Hongkong. Salah satu pariwisata yang terkenal dan menjadi andalan negara bagian dari Republik Rakyat China ini adalah Hongkong Disneyland Resort yang dibuka pada September 2005. Pendapatan per kapita negara ini mencapai $23.592.

Qatar

Negara yang terletak di kawasan Timur Tengah ini termasuk ke dalam negara yang memiliki perekonomian yang maju. Ekonomi negara ini difokuskan pada ekspor minyak dan gas bumi. Perekonomian di Qatar sangat maju, bahkan lebih maju jika dibandingkan dengan perekonomian negara-negara di kawasan Eropa Barat. Tak heran jika negara ini juga memiliki tingkat kemakmuran dan standar hidup yang tinggi. Pendapatan per kapita negara ini mencapai $28.919.

Jepang

Negara yang terkenal dengan teknologinya yang maju ini termasuk negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia, yaitu sebesar $38.457. Sektor perekonomian andalannya adalah jasa, otomotif, kimia, tekstil, elektronik, telekomunikasi, konstruksi, hingga kosntruksi. Jepang juga terkenal dengan penemuan-penemuan teknologi yang sangat canggih, terutama robot. Budaya dan kesenian di negeri ini juga telah membuat pariwisatanya menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan internasional.

Republik Rakyat China

Republik Rakyat China atau yang biasa disebut dengan China merupakan negara dengan perekonomian yang maju. Negara yang menganut paham komunis ini menggunakan paham ekonomi campuran untuk menjalankan roda perekonomian negaranya. Dalam hal ekspor impor, China termasuk dalam daftar negara yang melakukan ekspor dan impor terbesar. Bahkan, diramalkan kekuatan ekonomi China akan mengalahkan Amerika Serikat. Pendapatan per kapita China mencapai $8.382.

Makau

Negara kecil yang satu ini menjadi negara yang memiliki pendapatan per kapita tinggi, yaitu $39,800. Perekonomiannya yang maju serta pariwisatanya yang diolah dengan baik oleh pemerintah menjadikan Makau termasuk ke dalam negara yang makmur.

Thailand

Negara yang juga disebut dengan Kerajaan Thai atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai ini merupakan negara yang terkenal dengan pariwisatanya. Pariwisata Thailand memang menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang utama. Negara yang memiliki mata uang Bath ini memiliki pendapatan per kapita sebesar $8.300.

Indonesia

Indonesia memiliki pendapatan per kapita sebesar $ 3.797. Jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain, Indonesia masih memiliki pendapatan per kapita yang rendah. Meski demikian, saat ini perekonomian Indonesia sudah cukup stabil. Indonesia sebenarnya memiliki sumber daya alam yang melimpah. Bahkan, Indonesia merupakan pengeskpor gas alam terbesar kedua di dunia.

Sumber daya alam yang melimpah meliputi minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas. Sementara itu, hasil pertanian yang juga memegang peran penting dalam perekonomian adalah beras, teh, kopi, rempah-rempah, dan karet. Akan tetapi, perekonomian Indonesia masih menghadapi masalah besar, yaitu tingkat korupsi yang tinggi. Bahkan, dari 180 negara di dunia, Indonesia menempati angka ke 143 dalam hal tingkat korupsi.

Malaysia

Negara tetangga Indonesia yang satu ini termasuk negara Asia yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cepat. Pendapatan per kapitanya pun berada di atas Indonesia, yaitu $8.140. Malaysia memiliki sumber daya alam yang melimpah sebagai salah satu sumber pendapatan negara. Negara yang disebut dengan negeri Jiran ini merupakan penghasil minyak sawit dan karet alam terbesar di dunia. Selain itu, Malaysia juga mengandalkan sektor kehuatanan, seperti kayu gelondongan, kakao, lada, nenas, dan tembakau.

Australia

Negara tetanga Indonesia ini merupakan negara maju dengan tingkat pendapatan per kapita yang tinggi, yaitu $55.589. Kemajuan perekonomian ini terlihat pada rendahnya tingkat kemiskinan dan pengangguran. Kota-kota besar di Australia juga bukan lagi menjadi objek untuk dinilai kelayakannya karena kota-kota tersebut memiliki standar hidup yang tinggi dan melampaui syarat-syarat sebagai kota yang layak huni. Australia memiliki ekonomi terbesar ke-13 di dunia. 

Jerman

Negara penghasil mesin terbesar ini termasuk ke dalam neagra maju dengan pendapatan per kapita yang tinggi, yaitu $40.874. Sebagai negara yang berpengaruh di Eropa dan di dunia, Jerman juga terkenal sebagai negara yang memiliki penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Industri mobil dan pesawat terbang merupakan industri yang menjadi salah satu andalan Jerman.

India

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-2 di dunia ini memiliki pendapatan per kapita yang kecil, yaitu S$3.019. Sektor perekonomian andalan negara yang disebut juga dengan Hindustan ini meliputi pertanian, berlian, tekstil, teknologi informasi, dan kerajinan tangan. Salah satu sektor terpenting yang banyak menyumbang pendapatan negara adalah bidang perfilman yang terkenal dengan nama Bollywood. Selain itu, India juga terkenal dengan budayanya yang sangat kaya dan kuat.

Prancis

Negara yang terletak di kawasan Eropa Barat ini memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, yaitu $44.190. Prancis terkenal sebagai eksportir hasil pertanian terbesar di Eropa. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi didukung oleh sumber daya alam yang melimpah, tanah yang subur, dan teknologi modern yang terus dikembangkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai pendapatan per kapita di berbagai negara di dunia. semoga penjelasan yang disampaikan bermanfaat bagi Anda.