Morfologi dan Sintaksis:

Sekilas Tentang Morfologi

Kajian morfologi menjadi salah satu cabang ilmu dari linguistik. Cabang linguistik ini mengkaji tentang morfem dan segala yang terjadi di dalamnya. Istilah morfologi akan sangat akrab di telinga mereka yang belajar linguistik secara lebih dalam. Sekilas informasi tentang morfologi bisa Anda dapatkan pada artikel ini!

Mengenal Kelas Kata Adjektiva

Apa itu adjektiva? Sebagian dari Anda mungkin bingung dengan istilah ini. Tapi bagaimana dengan istilah kata sifat? Anda pasti tidak asing, bukan? Ya. Adjektiva adalah istilah linguistik untuk menyebut kata sifat. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kata sifat pada artikel di bawah ini!

Seperti Apa Proses Morfologis?

Seperti apa persisnya proses morfologis? Ini tak lepas kaitannya dengan morfem dan makna yang dimiliki. Proses morfologis dalam bahasa Indonesia akan terjadi hanya dengan afiksasi dan reduplikasi. Kedua proses tersebut masih memiliki proses-proses lain di dalamnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak artikel di bawah ini!

Verba atau Kata Kerja? Sama Saja!

Tanpa disadari, kata-kata yang kita ucapkan sehari-hari memilki kelas kata yang berbeda. Kehadiran kelas kata memang seolah tidak begitu diperhatikan. Tetapi, jika salah menempatkan hal ini bisa menimbulkan kekeliruan dalam berbahasa. Salah satu kelas kata yang memiliki cukup banyak anggota adalah verba. Asing dengan istilah itu? Bagaimana jika kata kerja? Ya. Verba adalah kata kerja. Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Salah Satu Cabang Linguistik Itu Bernama Sintaksis

Ya. Sebagai sebuah ilmu, Linguistik memiliki cabang-cabang ilmu. Salah satunya adalah Sintaksis. Sintaksis mengkaji komponen bahasa secara mendalam, seperti klausa, frasa dan wacana. Informasi lebih lanjut tentang cabang ilmu linguistik ini bisa Anda dapatkan pada artikel berikut!

Makna dari Kata Dasar Bahasa Indonesia dan Jenisnya

Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang penting dipelajari. Di dalamnya berisikan banyak materi, salah satunya tentang kata dasar. Makna kata dasar bisa diketahui dengan mengetahui tentang kata dasar itu sendiri. Ingin tahu apa maknanya? Simaklah ulasan berikut ini dengan saksama.

Klasifikasi Morfem Berdasarkan Kategori Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang menjadi dasar bahasa untuk dipahami. Dengan mempelajari bahasa, kita akan mengenal lebih jauh lagi. Salah satunya dengan mengetahui apa itu morfem. Lantas, bagaimana klasifikasi morfem berdasarkan kategori dalam bahasa Indonesia itu? Simaklah ulasannya di sini.

Kata-kata yang Disebut dengan Imbuhan atau Afiks

Dalam bahasa Indonesia akan banyak kita temukan kata-kata yang unik. Selain kata unik tersebut, juga terdapat kata dasar dan juga kata yang memiliki imbuhan. Kata-kata yang memiliki imbuhan tersebut memiliki banyak ragamnya. Lantas, apa sih yang disebut dengan imbuhan atau afiks tersebut? Simaklah ulasannya di sini.

Seperti Apa Sejarah Kajian Morfologi dan Linguistik?

Berkenalan dengan bahasa Indonesia maka kita akan dituntut untuk mengenal banyak materi di dalamnya. Pun demikian dengan yang dinamakan morfologi dan linguistik. Bahkan untuk mempelajarinya, kita bisa mengetahui apa itu sejarah kajian morfologi. Untuk mengetahuinya, marilah kita simak ulasannya di sini.

Ini Dia Teknik Pengenalan Prinsip dalam Morfem

Untuk mempelajari setiap ilmu pendidikan tentunya harus mengetahui seperti apa tekniknya. Pun begitu dengan mempelajari tentang morfem. Kita diharuskan mengetahui teknik pengenalan prinsip dalam morfem. Seperti apakah tekniknya itu? Ini dia ulasan lengkapnya untuk diperhatikan.