Saat membaca suatu bacaan, maka disadari atau tidak, kita telah mendapat informasi baru dari bacaan yang kita baca. Bacaan dapat berupa buku, artikel di media cetak, atau sumber bacaan lainnya. Apabila tulisan yang kita baca memiliki bahasan yang penting dan bermanfaat, maka tulisan tersebut sebaiknya dirangkum agar informasinya dapat bermanfaat.

Merangkum suatu bahasan pada sebuah wacana merupakan kegiatan yang bermanfaat. Merangkum isi bahasan juga dapat disebut meringkas atau mengambil intisari bacaan berdasarkan pokok-pokok isi bacaan. Kegiatan merangkum isi bahasan harus tetap mempertahankan opini atau pendapat penulis asli.

Langkah-langkah Merangkum Isi Bahasan

Untuk dapat merangkum isi bahasan, perlu diperhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Membaca bacaan dengan saksama
    Langkah pertama ini penting dilakukan agar kita dapat memahami sebuah bacaan secara utuh. Bacaan harus dibaca secara cermat dan teliti sebelum dirangkum.
  2. Menemukan gagasan pokok setiap paragraf
    Setelah membaca secara cermat dan teliti, langkah berikutnya adalah menemukan dan menandai gagasan pokok dari setiap paragraf. Gagasan pokok dari setiap paragraf diinventarisasi terlebih dahulu sebelum ditulis menjadi rangkuman.
  3. Merangkaikan gagasan pokok tersebut menjadi paragraf baru yang padu
    Gagasan pokok yang telah ditandai dan diinventarisasi tersebut disusun menjadi sebuah paragraf yang padu. Paragraf tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa sendiri tanpa mengubah esensi dari bahasan yang kita baca.
  4. Rangkuman siap disimpan dan dibaca kembali sewaktu-waktu menjadi sumber informasi yang berguna.