Banyak cara untuk memperoleh informasi. Salah satunya adalah dengan membaca atau mendengar pengumuman. Selain itu, kita juga dapat memberikan informasi kepada orang lain dengan cara mengumumkannya kepada khalayak. Mengumumkan adalah memberitahukan kepada orang banyak, memaklumkan atau menyebarluaskan berbagai informasi yang memang diperuntukkan bagi khalayak banyak sehingga informasi itu dapat dibaca, didengar, diketahui, dan dipahami oleh orang banyak.

Oleh karena itu, kemampuan menyampaikan informasi secara tertulis dengan jelas dan mudah dipahami oleh khalayak pembaca adalah sangat penting. Untuk mampu menyampaikan informasi secara baik, perlu dipersiapkan pokok-pokok informasi secara runtut dan sistematis. Dengan demikian, informasi yang disampaikan akan diterima orang lain dengan jelas dan diterima dengan mudah.

Bentuk Teks Pengumuman

Sebelum menulis sebuah pengumuman, perlu disiapkan terlebih dahulu rencana pengumuman yang akan disampaikan kepada khalayak. Bahasa yang digunakan dalam teks pengumuman harus efektif, lugas, dan komunikatif. Selain itu bahasa yang digunakan di dalam teks pengumuman singkat, jelas, dan tidak ambigu.
Untuk dapat menulis sebuah teks pengumuman yang baik dan benar, maka perlu diperhatikan bentuk teks pengumuman berikut ini.

  1. Menulis pengantar. Pengantar pengumuman berkaitan dengan tujuan diumumkannya hal tersebut dan khalayak yang dituju.
  2. Menulis jenis dan isi pengumuman. Isi pengumuman memuat pokok-pokok informasi yang ingin disampaikan secara lengkap, detail, urut, dan terperinci.
  3. Menulis keterangan penjelas lainnya berkaitan dengan waktu, tempat, persyaratan, dan keterangan pendukung kejelasan isi pengumuman.
  4. Penutup berkaitan dengan imbauan, konsekuensi, serta penanggung jawab pengumuman.