Melakukan perjalanan (traveling) merupakan salah satu jenis hobi yang menarik. Orang yang senang melakukan perjalanan biasanya memiliki cerita yang menarik seputar perjalanannya. Orang lain pun tentu akan penasaran dengan cerita perjalanan tersebut. Oleh karena itu, orang yang senang melakukan perjalanan biasanya menulis laporan perjalanan.

Di lingkungan akademik, laporan perjalanan merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang harus dikuasai. Laporan perjalanan disusun menurut pola urutan waktu. Hal ini berarti laporan perjalanan disusun dari awal sampai akhir perjalanan. Laporan perjalanan biasanya berbentuk narasi atau rincian.

Langkah-langkah Menulis Laporan Perjalanan

Laporan juga dapat disusun berdasarkan urutan ruang dan tema. Laporan perjalanan dapat disusun dengan cara berikut.

  1. Menentukan susunan laporan berdasarkan urutan waktu, ruang, atau tema. Urutan waktu yang digunakan dalam laporan    perjalanan adalah urut atau kronologis berdasarkan peristiwa yang dialami pelapor.
  2. Menyusun kerangka laporan. Kerangka laporan memuat pokok-pokok laporan. Pokok-pokok laporan perjalanan sebagai berikut.
    •  Judul laporan
    •  Waktu pelaksanaan kegiatan
    • Peserta
    • Tempat atau lokasi yang dituju
    • Tujuan mengadakan perjalanan
    • Hasil perjalanan
  3. Mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif.

Menulis Laporan Perjalanan dalam Bentuk Narasi

Laporan perjalanan juga dapat ditulis dalam bentuk narasi. Laporan perjalanan dalam bentuk narasi biasanya ditulis oleh seseorang di media massa atau dalam bentuk buku. Laporan perjalanan dalam bentuk narasi harus memberikan informasi yang jelas dan rinci kepada khalayak agar dapat menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca.

Laporan perjalanan dalam bentuk narasi harus memuat judul laporan, waktu, tempat yang dikunjungi, dan hasil perjalanan yang dilakukan. Bahasa yang digunakan dalam menulis laporan perjalanan harus menarik, lugas, dan komunikatif. Dengan demikian, laporan perjalanan dapat menjadi informasi berguna pagi pembaca dan membuat mereka tertarik melakukan perjalanan serupa.
 

Loading...