Mendengarkan:

Membedakan Informasi dan Pendapat

Informasi dan pendapat tentu dua hal yang berbeda. Tetapi, ternyata masih ada beberapa pihak yang bingung dengan dua hal tersebut. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara membedakan informasi dan pendapat untuk Anda!

Menanggapi Pembacaan Cerpen

Anda hobi membaca cerpen? Tapi bagaimana jika harus menanggapi pembacaan sebuah cerpen? Ada dua cara untuk menanggapi pembacaan cerpen yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Simak pada artikel di bawah ini!

Asyiknya Mendengarkan Berita!

Mendengarkan berita? Tidak banyak yang menyukainya. Banyak yang lebih memilih untuk mendengarkan musik. Mendengarkan berita perlu pemahaman yang tinggi. Karena, dengan waktu yang singkat, Anda dituntut untuk bisa memahami isi berita. Belum lagi jika Anda diminta untuk merangkum berita tersebut. Berikut ini adalah informasinya untuk Anda!

Mendengarkan Cerita Rakyat? Ada Hikmah di Dalamnya!

Cerita rakyat menjadi sebuah cerita yang memang menarik untuk diikuti. Indonesia kebetulan memiliki cukup banyak cerita rakyat. Lalu, seperti apa cerita rakyat, dan bagaimana cara mendengarkan cerita rakyat agar pesan-pesan yang terdapat di dalamnya bisa ditangkap dengan jelas? Simak pada artikel di bawah ini!

Menambah Wawasan dengan Memahami Berita

Memahami berita? Mendengarkan saja mungkin sudah sangat malas, apalagi jika harus memahami isi beritanya. Tapi, tidak jika Anda kebetulan dihadapkan dengan kewajiban untuk bisa memahami isi berita. Seperti apa lengkapnya? Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini!

Mendengarkan dan Memahami Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan adalah sesuatu yang harus dipahami? Betul. Karena, dengan demikian Anda bisa tahu apa yang ada di dalamnya. Bermula dari mendengarkan, sebuah laporan bisa Anda pahami. Simak lebih lengkap pada artikel di bawah ini!

Mendengarkan dan Memahami Puisi Terjemahan

Puisi terjemahan? Memahami puisi asli berbahasa Indonesia saja mungkin masih membuat kening Anda berkerut, apalagi jika harus mendengarkan lalu memahami isi dari puisi terjemahan. Sebelum berspekulasi sendiri, lebih baik And abaca dahulu artikel berikut ini!

Aktif dalam Dialog Interaktif

Dialog interaktif bisa jadi tidak begitu sering Anda dengarkan. Tapi, jika sesekali waktu Anda diminta untuk mendengarkan sekaligus member komentar pada sebuah dialog interaktif, apa yang akan dilakukan? Jangan khawatir, artikel ini akan memberi Anda informasi yang dibutuhkan. Simak!

Mendengarkan dan Menanggapi Laporan

Laporan atau karya ilmiah berisi tentang sesuatu yang sifatnya keilmuan. Laporan juga memiliki sistematika penulisan yang baik dan jelas. Menyusun sebuah laporan menjadi keahlian yang harus dimiliki. Tetapi bagaimana dengan mendengarkan lalu menanggapi sebuah laporan? Anda bisa menyimaknya pada artikel berikut ini!

Mendengarkan dan Menentukan Pokok Berita

Sebuah berita pastilah memiliki pokok berita. Pokok berita menjadi ruh pada setiap berita. Mendengarkan kemudian menentukan pokok berita kerap kali dijadikan tugas di sekolah-sekolah. Untuk itu, ada beberapa teknik atau metode yang harus diketahui. Ingin tahu? Simak pada artikel berikut ini!

Bagaimana Cara yang Benar untuk Menganalisis Laporan?

Mendengarkan dan menganalisis sebuah laporan? Dalam hal ini, bukan berarti Anda menganalisis laporan yang dibuat oleh diri sendiri. Tapi lebih kepada mencoba menganalisis laporan yang dibuat oleh orang lain. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut!

Mendengarkan Lalu Mengemukakan Kembali Berita

Mendengarkan berita memberikan Anda banyak informasi. Kemudian apa jadinya jika Anda harus mengemukakan kembali berita yang Anda dengar? Kesulitan, karena memang Anda tidak begitu paham dengan isi beritanya? Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan informasi tembahan mengenai cara-cara bagaimana mengemukakan isi berita pada artikel berikut ini!

Mengomentari Pendapat dalam Dialog Interaktif

Mendengarkan sebuah dialog interaktif cenderung membosankan, tapi tidak jika Anda juga terlibat dalam dialognya. Terlebih jika Anda ikut mengomentari pendapat yang ada di dalam sebuah dialog interaktif. Seperti apa persisnya? Anda bisa menyimak artikel ini lebih lanjut!

Mendengarkan dan Mengungkapkan Isi Puisi

Puisi menjadi karya sastra yang juga cukup banyak diminati. Mendengarkan seseorang membacakan puisi sudah biasa. Tapi bagaimana jika kemudian Anda diminta untuk mengungkapkan kembali isi dari puisi tersebut? Akan lebih baik jika Anda membaca artikel berikut ini lebih lanjut.

Mendengarkan Ceramah, Lalu Simpulkan!

Mendengarkan ceramah bisa jadi adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana jika harus juga menyimpulkannya? Anda mungkin akan kesulitan. Tapi, tidak setelah Anda menyimak artikel di bawah ini.

Mendengarkan dan Menyimpulkan Dialog Interaktif

Mendengarkan dialog interaktif memang cukup menjemukan, apalagi materi yang sedang dibahas sama sekali tidak dimengerti. Lalu, bagaimana mendengarkan dan menyimpulkan dialog interaktif? Anda bisa mendapatkan sedikit pencerahan dari artikel berikut ini.

Mendengarkan Informasi? Penting!

Informasi merupakan keterangan atau berita yang tergolong penting untuk diperhatikan. Mendengarkan informasi adalah cara agar kita bisa mengetahui berita apa yang sedang terjadi. Informasi lebih lanjut tentang informasi bisa Anda dapatkan pada artikel berikut ini!

Menyimpulkan Berita? Dengarkan Saja Dulu!

Menyimpulkan berita? Seperti tidak ada kerjaan. Begitu mungkin kira-kira. Padahal, menyimpulkan sebuah berita bisa membantu Anda lebih mengerti isi dari berita. Simak saja artikel berikut ini!

Merefleksikan Pembacaan Puisi Melalui Mendengarkannya

Pembacaan puisi menjadi salah satu bentuk apresiasi terhadap karya sastra. Tetapi, bagaimana jika kemudian Anda harus merefleksikan puisi tersebut? Bingung? Sebaiknya baca terlebih dahulu artikel berikut ini!

Cara Asyik Mendengarkan Dialog

Mendengarkan dialog cenderung menjemukan. Terlebih jika dialog tersebut bukan merupakan hal yang menarik. Tetapi, dari mendengarkan sebuah dialog, kita jadi lebih tahu tentang sesuatu, seperti emosi seseorang, dan topic yang dibicarakan. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini!

Serunya Mendengarkan Cerita dalam Sebuah Dongeng

Dongeng memiliki hubungan yang erat dengan manusia. Terutama anak-anak. Dengan dongeng, sebuah pesan moral bisa disampaikan dan berpengaruh pada kepribadian. Mendengarkan dongeng bisa membentuk kepribadian anak-anak. Maka dari itu, jangan anggap sepele ritual mendengarkan sebuah dongeng. Simak informasi lanjutannya pada artikel berikut ini!

Mendengarkan Informasi dari Media Elektronik

Informasi memang bisa kita dapat dari manapun, salah satu yang memiliki dampak cukup besar adalah informasi yang disampaikan melalui media. Terutama media elektronik. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel berikut ini!

Perhatikan dan Dengarkan Isi Sambutan

Rasanya jenuh mendengarkan sambutan seseorang. Betul? Terlebih jika terkesan klise atau basa-basi. Tapi, sambutan yang disampaikan oleh seseorang biasanya bersifat menyambut, jadi sebaiknya Anda harus mendengarkan. Tetapi, sebelum mendengarkan isi sambutan, ada baiknya menyimak artikel berikut ini!

Mengomentari Pendapat dalam Dialog Interaktif.

Ketika mendengarkan sebuah dialog, Anda juga akan mendengar beberapa pendapat. Karena dialog interaktif memang erat kaitannya dengan silang pendapat. Dan ketika mendengar pendapat, kadang keinginan untuk berkomentar muncul begitu saja. Mengomentari pendapat ternyata bukan hal yang mudah. Ada tata caranya. Apa saja? Simak artikel berikut ini!

Agar Khotbah Tak Lagi Membosankan!

Khotbah biasanya berisi tentang tema-tema agama. Tidak heran jika khotbah banyak Anda dengar di acara-acara keagamaan. Mendengarkan khotbah sama saja memberikan santapan pada rohani Anda. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui agar mendengarkan khotbah tidak membosankan.

Mendengarkan Pembacaan Kutipan

Apa itu kutipan? Kutipan biasanya dimiliki oleh tokoh-tokoh terkenal. Mendengarkan kutipan akan lebih menarik jika datang dari tokoh idola, juga ketika kalimat dalam kutipan tersebut masuk akal dan menggambarkan suasana hati. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapat dari artikel di bawah ini!

Mendengarkan Pembacaan Kutipan Novel

Setiap novel, umumnya memang memiliki kata-kata yang menarik. Kalimat tersebut kemudian menjadi kutipan yang tak kalah menarik. Bukan hanya dibaca, kutipan novel juga menarik untuk didengarkan. Untuk informasi lanjutan, simak pada artikel berikut ini!

Seluk-beluk Mendengarkan Sebuah Pidato

Mendengarkan sebuah pidato bisa membuat Anda bosan. Padahal, berpidato itu bukan sesuatu yang mudah. Seseorang harus menyiapkan mental untuk berbicara di depan banyak orang. Belum lagi jika ekspresi pendengarnya mengecewakan. Itu pasti cukup mengecilkan hatinya. Sebelum mengernyitkan dahi ketika harus diminta untuk mendengarkan pidato, coba baca dulu artikel di bawah ini!

Mengetahui Sebuah Cerita? Dengarkan lah Topik Cerita!

Topik cerita garis besarnya adalah inti dari sebuah cerita. Ketika mendengarkan cerita, Anda secara otomatis juga mendengarkan topik dari sebuah cerita. Info lebih lengkap mengenai hal tersebut bisa Anda dapatkan pada artikel ini!

Keuntungan di Balik Mendengarkan Wawancara

Mendengarkan sebuah wawancara? Ini bisa dijadikan sarana Anda untuk belajar menyiapkan mental ketika akan menghadapi sebuah wawancara. Dan Anda bisa mendapatkan tambahan informasi mengenai hal tersebut pada artikel berikut ini!

Mendengarkan, Menganalisis dan Menanggapi Laporan

Menanggapi laporan setelah mendengarkan dan menganalisisnya tergolong susah-susah gampang. Anda harus seksama agar informasi yang diterima tidak sampai salah. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, simak pada artikel berikut ini!

Mengetahui Definisi Frasa Verbal

Apa yang dimaksud dengan frasa verbal? Sebelum mengetahui istilah tersebut, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan frasa dan verbal? Membingungkan memang jika Anda tidak pernah terlibat dalam kajian ini. Untuk menambah pengetahuan, ada baiknya jika Anda membaca artikel di bawah ini. Artikel di bawah ini membahas tentang frasa verbal untuk Anda.

4 Alasan Penting Kenapa Kita Harus Menyimak

Ada banyak alasan kenapa kita harus menyimak pembicaraan yang dilakukan oleh orang lain. Tapi setidaknya terdapat 4 alasan. Apa sajakah itu? Ikuti ulasannya di sini.

Cara Menyimak yang Baik yang Harus Dikuasai

Ketika ada yang sedang berbicara, sebaiknya kita simak dengan saksama. Namun seperti apakah cara menyimak yang baik itu? Untuk mengetahuinya, simaklah di sini.

5 Manfaat Menyimak Pendapat Lawan Bicara Anda

Menyimak harus dilakukan agar kita pun bisa memahami apa yang diutarakan oleh orang lain. Lalu kenapa harus pandai dalam menyimak? Setidaknya ada 5 manfaat menyimak pendapat. Ini dia ulasannya.

Latihan Menyimak untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik

Semua hal harus dilakukan dengan rutin karena bisa menyerupai latihan, termasuk dengan menyimak. Kita pun harus mulai membiasakan untuk latihan menyimak. Kenapa demikian?

Pentingnya Menyimak Pembicaraan Sang Penyampai Pesan

Penting bagi kita untuk mengetahui cara menyimak yang baik. Selain itu, kita juga harus mengetahui akan pentingnya menyimak pembicaraan. Kenapa demikian?