Dalam bahasan kali ini kami akan membahas mengenai makalah perekonomian indonesia tentang kemiskinan. Untuk itu dalam bahasan ini kamu akam membehas terlebih dahulu mengenai pengertian dari kemiskinan. Kemiskinan adalah suatu masalah multideminsi serta lintas sector yang tenunta dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan di dalamnya.

Faktor-faktor yang mempenagruhi masalah multidimensi ini adalah pendidikan, kesehatan, pendapatan, kondisi lingkungan, geografis, gender, lokasi serta akses terhadap barang serta jasa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sampai pada saat ini kemiskinan yang ada di indonesia ini masih merupakan salah satu masalah besar yang harus dihadapi oleh masyarakat serta pemerintahan indonesia.

Masalah kemiskinan yang ada di indonesia ini mengalami pasang surut yang tidak tentu setiap tahunnya. Terkadang semakin membaik bahkan terkadang pula semakin memburuk. Namun tentunya kita semua mengharapkan masalah kemiskinan di indoensia ini semakin membaik, karena dengan membaiknya masalah kemiskinan yang ada di indoensai tentunya akan berimbans pula dengan membaiknya perkembangan perekonomian yang ada di negara kita.

Dalam menyelesaikan masalah kemiskinan ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama. Kita harus bersama-sama dengan pemerintah untuk berusaha menaggulangi masalah ini. Masalah kemiskinan ini memang menjadi tanggung jawab bersama antara instansi pemerintah, swasta serta masyarakat pada umumnya. Untuk itu sebaiknya masyarakat, pemerintah dan swasta saling kerja sama untuk menemukan jalan keluar atau solusi dari permasalahn kemiskinan yang ada di negara kita ini.

Jumlah penduduk miskin yang ada di indonesia ini masih berada dalam jumlah yang beasr. Untuk itu diperlukan solusi yang kompleks, komprehensif serta bekelanjutan dalam penanganannya. Masalah kemiskinan yang ada di indoensia cukup menjadi masalah yang kompleks tentunya dikarenakan beberapa faktor enghambat di dalamnya. Beberapa faktor yang memperlambat dalam mengurangi kemiskinan di indoensia, antara lain :

1.    Program Pembangunan yang Belum Merata

Program pembangunan yang ada pada saat ini dirasabelum merata terutama ke daerah pedesaan dan daerah-daerah terpencl yang ada di wilayah indonesia. Hal ini terbukti dengan kurangnya program pembangunan yang berada di luar pulau jawa mislanya daerah nusa tenggara, Maluku serta papua. Untuk itu, seharusnya pemerintah juga lebih memikirkan mengenai program pembangunan pada daerah-daerah terpencil pada daerah tersebut.

2.    Akses Pelayanan Masyarakat Miskin yang Masih Terbatas

Masih terbatasnya akses pelayanan bagi masyarakat miskin. Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini memang pelayanan bagi masyarakat miskin masih kurang. Namun kini pemerintah mulai memperbaiki serta meningkatkan pelayanan bagi masyarakat miskin. Pelayanan masyarakat miskin misalnya dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

3.    Tingkat Jumlah Penduduk yang Miskin Masih Besar

Jumlah penduduk yang miskin saat ini masih besar dikarenakan beberapa hal antara lain karena adanya guncangan ekonomi, bencana alam yang sering terjadi, juga karena masih kurangnya akses pelayanan dasar serta sosial. Hal ini terlihat dengan banyaknya para gelandangan, orang cacat dan lain sebagainya.

4.    Harga Kebutuhan Pokok yang Tinggi

Kemiskinan yang ada di indonesia ini juga dipengaruhi karena kebutuhan pokok yang lebih tinggi. Dengan kebutuhan pokok yang tinggi ini mengakibatkan para penduduk miskin mengalami dampak yang sangat besar.

Demikianlah paparan mengenai makalah perekonomian indonesia tentang kemiskinan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi Anda.