Lembaga Sosial:

Pengertian dan Fungsi Lembaga Sosial

Banyaknya kebutuhan manusia membutuhkan sebuah tatanan yang mengatur itu semua secara terkordinir dan terorganisir agar semua dapat berjalan dengan baik dan terkendali. Salah satunya adalah dengan adanya lembaga-lembaga sosial. Dalam kehidupan di masyarakat kita mengenal lembaga keluarga, lembaga agama, lembaga politik, lembaga ekonomi dan lembaga pendidikan. Lalu apa sebenarnya lembaga sosial itu? Fungsinya sebagai apa? Untuk mendapatkan jawabannya, simak artikel berikut ini.

Mengetahui Lebih Jelas Mengenai Lembaga Keluarga

Keluarga merupakan unit lembaga yang paling kecil, namun memiliki peranan yang besar dalam kehidupan bermasyarakat. Keluarga mampu membentuk karakter individu-individu di dalamnya.. Untuk lebih memahami keluarga dari sudut pandang ilmu sosiologi, simaklah artikel mengenai pengertian dan proses terbentuknya suatu lembaga, bernama “keluarga” berikut ini.

Proses Terbentuknya Keluarga

Dari pengertian mengenai keluarga, hampir seluruhnya berpendapat bahwa terbentuknya suatu keluarga akibat adanya atau disatukan oleh perkawinan. Lalu apa dan bagaimana perkawinan itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai seputar masalah perkawinan, simak artikel berikut ini!

Pengertian dan Kegiatan Lembaga Ekonomi

Manusia bisa bertahan hidup dengan cara berusaha memenuhi kebutuhannya. Saat ini apa yang dibutuhkan dapat dengan mudah didapatkan/dibeli. Kebutuhan tidak lepas dari kegiatan-kegiatan ekonomi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan artikel mengenai pengertian dan kegiatan-kegiatan lembaga ekonomi.

Pengertian dan Fungsi Lembaga Politik

Banyak orang mengerutkan kening ketika mendengar kata “politik”. Ia menjadi hal yang dihindari untuk dibahas. Politik dianggap sebagai suatu kegiatan yang kotor. Kajian sosiologi tidak memandang politik sebagai sesuatu yang kotor atau bersih, baik atau buruk. Sudut pandang sosiologi menjelaskan lembaga politik sebagai sesuatu yang memang ada dalam kehidupan, a terbenituk karena suatu proses dan memiliki fungsi bagi kehidupan. Untuk lebih jelasnya, ikuti artikel berikut ini!

Pengertian dan Faktor pentingnyaLembaga Pendidikan

Salah satu usaha negara untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya adalah mencerdaskan kehidupan rakyatnya. Kecerdasan dapat diperoleh dengan cara mengadakan pendidikan, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ilmu pada masyarakat. Lembaga pendidikan menjadi satu hal yang lumrah. Nah untuk lebih memahami mengenai pendidikan, apa saja yang menjadi faktor menuntut pendidikan, seperti apa lembaga pendidikan di Indonesia, ikuti artikel berikut ini!

Mengetahui Lebih Jelas Tentang Lembaga Agama

Di Indonesia kita mengenal lima macam agama yang hidup berdampingan. Agama merupakan institusi yang penting untuk mengatur kehidupan manusia. Selain sebagai sistem keyakinan (religi) bagi setiap pribadi, agama juga memiliki hubungan dengan lembaga-lembaga lainnya, dengan fungsi sebagai pedoman dan cara menjalani kehidupan. Jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai pengertian, peranan dan fungsi lembaga agama, simak artikel berikut ini.