Secara singkat dan sederhana, kreatif merupakan daya cipta atau kemampuan dalam diri manusia yang memungkinkan terciptanya sesuatu hal yang baru atau yang sebelumnya tidak terpikirkan.

1. Apa Itu Inovasi dan Kreativitas Usaha

Dalam kesehariannya, kreativitas berhubungan erat dengan imajinasi dan kecerdasan seseorang. Inovasi merupakan pengenalan hal-hal yang baru dalam usaha menciptakan sesuatu berdasarkan daya kreatif.

2. Hubungan Antara Inovasi dan Kreativitas dalam Usaha

Seringkali orang menyepelekan aspek kreativitas dalam sebuah usaha dan menganggapnya hanya diperlukan pada bidang kerja tertentu. Sementara itu, inovasi mendapati perhatian besar pada era sekarang dengan persaingan pasar yang sangat kompetitif.di dalam perusahaan inovasi sangat diandalkan. Tujuannya agar perusahaan mampu bertahan dan menang dalam persaingan pasar melalui inovasi produk, inovasi layanan, inovasi sistem dan sebagainya.

Dalam hal inovasi ini, selain dibutuhkan teknologi tinggi juga dibutuhkan orang-orang yang cerdas. Dalam bidang bisnis TI, otomotif, telekomunikasi dan teknologi lain sangat diperlukan orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Inovasi, dalam kajiannya tidak hanya berkaitan dengan produk yang elit dan canggih namun juga sesuatu yang sederhana. Misalnya ketika Canon menciptakan kamera kompak yang lebih sederhana untuk pengguna amatir.

Kreativitas sangat dibutuhkan oleh setiap pihak dalam usaha. Seorang karyawan yang kreatif memiliki kemampuan untuk sukses dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, memiliki gagasan-gagasan yang bisa digunakan untuk keefektifan dan efisiensi kinerja perusahaan.

Kreativitas tidak hanya dibutuhkan di bidang desain, pemasaran, penjualan, atau pengembangan produk, tetapi juga dibutuhkan di bidang lain yang selama ini tidak terlalu dianggap membutuhkannya seperti bidang akuntansi dan administrasi. Melihat sifat perusahaan yang selalu menuntut terjadinya perubahan menuju sesuatu yang lebih baru akibat persaingan pasar, pihak akuntansi dan administrasi akan membutuhkan kreativitas untuk menanggapinya dengan cara terbaru yang lebih efektif dan efisisen.

Dalam karier seseorang, hal yang menaikkan nilai tawarnya adalah kreativitas. Jika dalam dirinya tertanam sifat kreatif maka dia akan selalu keluar dari semua masalah dan kesulitan. Misalnya dalam menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya. Selain itu dia bisa menawarkan beberapa opsi yang penting kepada pihak manajer untuk dipertimbangkan terkait kemajuan organisasi.

Dalam pekerjaan, kreatif bukanlah sesuatu yang netral, melainkan suatu usaha menawarkan sesuatu yang baru, baik pikiran maupun cara kerja yang memiliki nilai tambah. Maka dalam hal ini kreativitas dapat berupa pendekatan-pendekatan baru terhadap efisiensi produk, pengelolaan dinamika kerja karyawan, dan pelayanan terhadap pelanggan.

Jika dalam sebuah perusahaan minim kreativitas maka bagaimana cara menumbuhkannya? Muncul sebuah anggapan keliru bahwa kreativitas hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Kreativitas pada lingkungan yang kurang kreatif dapat ditumbuhkan secara tahap misalnya dari pimpinan lalu kepada bawahannya.

Pemimpin yang memberikan rangsangan intelektual sekaligus mendorong karyawan agar memiliki pikiran terbuka bakal meningkatkan kreativitas dalam diri karyawan. Selain itu, cara lain untuk meningkatkan kreativitas adalah bekerja sama sebuah kegiatan yang sama dengan orang lain dengan latar belakang berbeda. Dari proses belajar dari pihak lain ini akan menumbuhkan kreativitas.

Ada alasan kenapa orang cenderung tidak kreatif, yakni karena takut mengambil resiko dan takut mencoba hal baru. Orang tentu lebih memilih menggunakan cara lama yang sudah teruji. Oleh karenanya, wawasan dan tingkat kecerdasan harus ditingkatkan untuk mencapai kreativitas usaha dengan cara membaca, berdiskusi, dan bergabung dalam kelompok dengan profesi yang sama.