Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara:

Awal Mula Masuknya Agama Hindu-Buddha ke Nusantara

Agama Hindu-Buddha menjadi agama berasal dari luar yang pertama kali masuk ke Nusantara. Agama ini memengaruhi pula berdirinya berbagai kerajaan di Nusantara. Ada berbagai teori masuknya agama ini dari India. Berikut akan diuraikan pembahasan lengkapnya.

Mengetahui Lebih Jelas Tentang Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai diakui oleh para ahli sebagai kerajaan yang bercorak Hindu pertama di Nusantara. Pusat kerajaan ini ada di Kalimantan Timur. Di masa Maharaja Mulawarman, kerajaan ini mencapai puncaknya. Banyak sekali upacara agama Hindu yang dijalankan dengan baik.

Lebih Dekat dengan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara pernah memiliki seorang raja yang terkenal dan membuat kerajaan ini mencapai zaman keemasannya. Dia adalah Purnawarman. Kisah Purnawarman sendiri banyak dikisahkan dalam prasasti hasil peninggalan kerajaan ini. Tarumanegara yang berpusat di Jawa Barat adalah kerajaan Hindu tertua kedua di Nusantara.

Lebih Dekat dengan Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram kuno atau Kerajaan Medang merupakan salah satu kerajaan yang besar dan punya pengaruh kuat di Pulau Jawa. Kerajaan yang berdiri pada abad ke-8, memiliki raja pertama bernama Sanjaya. Kerajaan Mataram kuno dikuasai oleh dua wangsa yang saling memperebutkan kekuasaan, yakni wangsa Sanjaya dan wangsa Sailendra. Kerajaan ini sempat hancur karena bencana alam letusan gunung Merapi, kemudian pindah ke Jawa Timur.

Lebih Dekat dengan Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri atau Panjalu lahir dari “pembelahan” Kerajaan Medang atau Mataram kuno oleh Airlangga pada 1041, menjadi dua kerajaan, yakni Kerajaan Panjalu dan Kerajaan Jenggala. Panjalu ini yang lebih dikenal sebagai Kerajaan Kediri. Di masa Jayabhaya, Kerajaan Panjalu (Kediri) berhasil menaklukan Jenggala. Kerajaan Kediri sempat runtuh pada masa Kertajaya, karena serangan pasukan Tumapel yang dipimpin Ken Arok. Namun, kembali dibangun setelah Jayakatwang, keturunan Kertajaya, mengalahkan

Lebih Dekat dengan Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Nusantara. Kerajaan ini pernah menguasai Sumatra, Bakulapura (Kalimantan Barat), Sunda, Madura, Bali, dan Gurun (Maluku). Juga menyebar pengaruhnya melalui ekspedisi Pamalayu sampai ke Kamboja. Singasari melegenda karena adanya pembunuhan turun-temurun yang menggunakan keris Mpu Gandring.

Lebih Dekat dengan Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang punya wilayah sangat luas, tangguh dalam hal militer, menguasai wilayah perdagangan laut, dan berperan penting dalam persebaran agama Buddha. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail tentang Kerajaan Sriwijaya

Lebih Dekat dengan Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia. Masa kejayaan kerajaan ini ketika Gajah Mada menjadi mahapatih dan Hayam Wuruk menjadi rajanya. Gajah Mada yang mengucapkan Sumpah Palapa ketika itu mewujudkannya dengan menyebarkan pengaruh ke Nusantara, bahkan hingga Singapura dan Filipina.

Mengenal Lebih Kerajaan Kuripan

Kerajaan Kuripan adalah Kerajaan yang menjadi cikal bakal kerajaan di pulau Kalimantan. Dari Kuripan ini akan diturunkan semua keturunan raja-raja kerajaan Paser. Penamaannya yang mirip dengan Kahuripan sering membuat terkecoh. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai Kerajaan Kuripan.

Kerajaan Malayu Dharmasraya Kerajaan Besar di Pulau Sumatera

Kerajaan Malayu Dharmasraya adalah salah satu Kerajaan Hindu yang ada di Pulau sumatera. Karena letaknya yang strategis, kerajaan Malayu mengalami perkembangan yang cukup gemilang. Sempat dikalahkan oleh Sriwijaya, namun kemudian mampu bangkit kembali dan bertahan dalam rentang waktu yang cukup lama.

Perang Padri, Perang Saudara yang Dimanfaatkan Belanda

Perang Padri terjadi di daeaerah Sumatra. Sempat mencuri perhatian penjajah Belanda meski tidak semenarik Aceh. Perang diawali perang saudara antara golongan ulama dan golongan adat, namun kemudian ditunggangi oleh Belanda. Kaum adat kemudian berbalik pada kaum ulama, sebab kecewa pada ketamakan Belanda. Penyelesaian perang padri hampir sama dengan perang diponegoro, yaitu dengan tipu muslihat.

Kerajaan Sunda Galuh yang Kembar

Kerajaan Sunda Galuh adalah dua kerajaan yang identik. Keduanya hanya dipisahkan oleh Sungai Citarum. Tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa kedua kerajaan ini adalah kerajaan kembar. Pada perkembangannya si kembar sempat bersatu, berpisah dan seterusnya. Berikut ulasan mengenai Kerajaan Sunda Galuh secara lebih lengkap.

Kerajaan Negara Daha rangkaian dari kerajaan di Banjar

Kerajaan Kuripan dan Kerajaan Negara Dipa menjadi sebab munculnya Kerajaan Negara Daha. Kerajaan ini juga terletak di Kalimantan dan merupakan awal terbentuknya kesultanan Banjar yang bercorak islam. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai Kerajaan Negara Daha.

Kerajaan Kalingga Diperintah Ratu yang Bijaksana

Kerajaan Kalingga adalah salah satu kerajaan di PulauJawa yang telah banyak melakukan hubungan dengan dunia luar. Kemajuan dan kesejahteraan tercipta dengan baik sebab memiliki ratu yang adil dan bijaksana. Ratu Kerajaan Kalingga bahkan taksegan untuk menghukum anaknya yang tanpa sengaja telah menyentuh pundi uang yang tidak bertuan. Ratu Shima adalah nama ratu tersebut. Artikel berikut membahas lebih lanjut mengenai Kerajaan Kalingga.

Kerajaan Negara Dipa Penamaan Untuk Menghormati Empu Jatmika

Kerajaan Negara Dipa merupakan Kerajaan Lanjutan dari Kerajaan Kuripan. Diberi nama Negara Dipa, merujuk dari asal pendirinya Empu Jatmika. Empu Jatmika berasal dari Jawa dan berhasil memimpin serta mendirikan Negara Dipa tentunya menjadi suatu pertanyaan. Artikel berikut mengulasnya lebih lanjut.