Pribahasa merupakan sebuah ungkapan yang terdiri dari kumpulan kata bisa juga kalimat. Kumpulan tersebut memiliki maksud-maksud tertentu yang ingin disampaikan oleh si penyampai. Baik itu tentang keadaan, kejadian yang menimpa seseorang, maupun petuah. Yang membedakan pribahasa dituliskan dalam bentuk yang rapi, ringkas, serta indah. Sehingga ketika sekali mendengar kalimat tersebut, maka kemungkinan besar kita akan langsung tertarik. 
 
Namun ada pertanyaan yang muncul di benak beberapa orang, yakni masalah kebenaran pribahasa dengan dunia nyata. Apakah pribahasa itu hanya karangan fiksi belaka, yang fungsinya untuk mempercantik bibir. Ataukah antara pribahasa dan dunia nyata mempunyai makna yang selaras.

Bagian dari Budaya

Dalam khazanah kebudayaan Indonesia. Sudah selayaknya kita melestarikan pribahasa ini. Karena bisa dibilang pribahasa merupakan salah satu produk seni dan budaya yang ada di Indonesia. Selain itu isi di dalam pribahasa sendiri mengandung banyak sekali pelajaran. Mulai dari petuah mengenai arti hidup, menjalani hidup lebih baik, sampai petuah-petuah agama tertuang di dalam beberapa pribahasa.
 
Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun peribahasa sudah menjadi salah satu nyawa dari bahasanya sendiri. Pribahasa menjadi hiasan yang penting di dalam bahasa Indonesia. Maka dari itu, pribahasa digunakan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Buktinya kita bisa dengan mudah menemukan orang yang menggunakan pribahasa di kehidupan sehari-hari. Yang mana pribahasa tersebut juga bisa dipahami oleh kakek nenek kita sendiri. Karena pada zaman tersebut sudah muncul pribahasa itu.
 
Selain itu, dengan pribahasa kita bisa mengetahui keragaman bahasa yang ada di Indonesia. Ada unsur-unsur kedaerahan yang sering membaur ke dalam sebuah peribahasa. Misalnya saja kebiasaan yang ada di masyarakat. Kata-kata khusus yang muncul di daerah tersebut atau watak masyarakatnya. Misalnya ada daerah yang terkenal lugas dan keras. Maka pribahasa yang sering muncul di sana adalah pribahasa yang mempunyai sifat lugas dan tegas.
 
Begitu juga dengan daerah yang dikenal dengan watak yang kalem. Maka dari itu, akan sering dijumpai pribahasa dengan model yang halus, lembut, meskipun bentuknya singkat. Sebenarnya hal ini sudah merupakan salah satu bukti kebenaran pribahasa dengan dunia nyata.

Menjadi Salah Satu Alat Penyebar Aturan

Di dalam pribahasa yang kita pelajari sekarang, akan sering kita temui pribahasa-pribahasa yang berisi tentang petuah-petuah hidup. Sebenarnya hal ini sudah direncanakan oleh pendahulu kita, yaitu menanamkan aturan-aturan hidup ke dalam pribahasa.
 
Dengan demikian, ketika aturan tersebut disampaikan dengan alat yang tidak langsung serta disukai masyarakat. Akan mudah masuk ke dalam pikiran dan mudah diterima.
 
Hal ini bisa kita maklumi karena pribahasa memiliki bahasa yang memikat pendengar atau pembaca. Mempunyai bahasa yang singkat dan ringkas. Tapi memiliki banyak arti di dalamnya. Selain itu pribahasa ini cepat menyebar di masyarakat. Membuat petuah baik juga cepat tersebar ke masyarakat. Pada akhirnya, petuah itu pun masih ada sampai sekarang dalam bentuk pribahasa.

Memiliki Banyak Kandungan Ilmu 

Jika kita telisik lebih mendalam kembali tentang kebenaran pribahasa dengan dunia nyata. Dalam setiap pribahasa memiliki beberapa ilmu yang ada dalam kehidupan nyata. Tak hanya ilmu yang berisi petuah maupun aturan dalam kehidupan, tapi juga ada ilmu fisika di dalam pribahasa. Ada juga ilmu psikologi maupun ilmu matematika di dalam pribahasa.
 
Contohnya saja pribahasa “besar pasak daripada tiang.” Yang mengindikasikan ilmu fisika di dalam artinya. Coba saja jika pribahasa itu dilakukan. Maka akan tidak berimbang bentuk tendanya. Juga akan membuat percuma pasak yang besar itu. Sementara itu, kita bisa dengan mudah menggunakan pasak yang kecil.
 
Misalnya lagi pribahasa “ringan sama dijinjing, berat sama diangkat.” Menunjukkan memang di masyarakat beban yang ringan itu dijinjing saja cukup, sementara yang berat butuh diangkat.
 
Itulah ulasan singkat mengenai cara mengidentifikasi kebenaran pribahasa dengan dunia nyata. Semoga bermanfaat.
Loading...