Hubungan Sosial:

Akomodasi dan Hubungannya dengan Permasalahan Sosial

Sebagai makhluk sosial, kita tentunya pernah mempunyai masalah dengan orang lain, bukan? Pernahkah Anda menyelesaikan masalah tersebut dengan baik? Atau malah sebaliknya, berlarut-larut dan tak berujung pangkal, sehingga masalah semakin rumit dan runyam? Dalam Ilmu Sosiologi, ada yang disebut dengan istilah akomodasi. Apakah hubungan akomodasi dengan masalah-masalah yang sering menerpa manusia sebagai makhluk sosial? Adakah cara-cara khusus menurut Iilmu Sosiologi untuk menyelesaikan permasalaha

Mengenal Asimilasi dan Bentuk-bentuk Asimilasi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata keroncong. Keroncong merupakan salah satu bentuk aliran musik. Namun, tahukah Anda berasal dari manakah aliran musik tersebut? Betawi atau Jawa? Ternyata keduanya bukan. Musik tersebut awalnya berasal dari Portugis dan masuk ke Indonesia bersamaan dengan penjajahan bangsa Portugis pada tahun 1511 lalu. Lalu mengapa musik keroncong sangat identik dengan Betawi? Hal ini tentu ada kaitannya dengan asimilasi. Mari kita simak uraian berikut in

Tentang Pengertian Kerja Sama dan Bentuk-bentuknya

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika pertama kali mendengar kerja sama? Suatu hubungan yang saling menguntungkankah? Tidaklah heran jika memang itu yag terpikirkan. Kerja sama seolah-olah memberikan pengertian ikatan antara dua orang atau lebih yang memiliki suatu kesepakatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Namun, adakah hal lain selain itu? Jawaban lebih jelasnya akan diuraikan dalam artikel berikut ini.

Latar Belakang Munculnya Kontravensi dan Bentuk-bentuknya

Pernahkah Anda merasa difitnah atau dikucilkan dalam kehidupan? Atau sebaliknya, merasa kesal kepada seseorang dalam kehidupan Anda? Jika Anda pernah mengalaminya, itu adalah sebuah kewajaran. Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia senantiasa berhadapan dengan konflik-konflik yang senantiasa mengintip kehidupan kita. Namun, tahukah Anda konflik yang bersifat psikologis atau tidak tampak tersebut bisa membahayakan bahkan sampai bisa mengancam keamanan suatu negara? Mari kita baca uraina berikut

Asosiatif, Latar Belakang Kemunculan, dan Bentuk-bentuknya

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata asosiatif? Sebuah operasi dalam matematikan atau identik dengan kata-kata yang berhubungan dengan majas dalam bahasa Indonesia? Jika tidak dihubungkan dengan masalah sosiologi, apa yang Anda pikirkan adalah benar. Namun, jika asosiatif tersebut berhubungan dengan sosiologi, tentunya Anda harus membaca uraian berikut ini untuk mengetahui dengan pasti apa itu asosiatif.

Bentuk-bentuk Persaingan dalam Kehidupan Bermasyarakat

Pernahkah Anda bersaing dengan teman atau setidaknya berusaha untuk bersaing dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda? Tentunya pernah, bukan? Pernah bersaing atau mempunyai saingan adalah sebuah kewajaran dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai makhluk sosial, tentunya kita harus mempunyai standar atau acuan agar hidup kita terus maju dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Meskipun demikian, kita pun harus berhati-hati dalam melakukan persaingan, sebab apabila salah dalam melakukann

Pertentangan dari Sudut Pandang Ilmu Sosiologi

Ketika mendengar kata konflik, apa yang pertama kali muncul dalam pikiran Anda? Sebuah masalah yang rumit dan sulit untuk diselesaikan? Apa yang Anda pikirkan tidaklah salah. Namun, ternyata Ilmu Sosiologi membahasanya lebih dari itu. Sesuatu disebut sebagai pertentangan apabila terjadi bentrokan fisik. Bagaimana Ilmu Sosiologi memandangnya? Mari kita ikuti uraian berikut ini.

Mengenal Disosiatif dan Bentuk-bentuknya

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita melihat atau mengalami sendiri hubungan sosial yang kurang baik. Bahkan merenggangkan. Anda pernah mengalaminya bukan? Jangan cems, itu bukanlah suatu kelainan. Sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi dengan manusia lainnya, tentu merupakan hal yang wajar jika hal tersebut terjadi. Namun tahukan Anda, jika hal tersebut diperlajari dalam ilmu sosiologi? Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita baca uraian berikut ini.

Jenis-jenis Interaksi Sosial

Interaksi sosial di masyarakat memiliki beragam jenis, yaitu interaksi antar individu dengan individu, interaksi individu dengan kelompoknya, dan interkasi antar kelompok dengan kelompok. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Perpecahan dan Perdamaian Ditentukan oleh Proses Sosial

Bagian kecil proses sosial yang tidak terkontrol dan tidak dilandasi norma memberikan dampak negatif dan memberikan kerugian bagi orang lain. Mengapa bisa terjadi semacam itu? Kenapa terjadi pertentangan sosial, dan kesenjangan yang mencolok? Sebelum ke intinya, kita mengenal proses sosial dari awal.

Proses Sosial Menurut Pandangan Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang proses sosial yang terjadi di masyarakat. Keberadaan pendapat yang berbeda ini sungguh menambah kekayaan Ilmu Sosiologi. Pandangan beberapa ahli tentang proses sosial ini melibatkan Gillin, Soekanto dan Kimbal Young. Seperti apa lengkapnya? Simak pada artikel berikut!

Proses Interaksi Sosial

Manusia sebagai mahkluk sosial memang sangat bergantung satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, interaksi sosial menjadi sebuah kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan ini. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.