Geografi:

Geografi termasuk ke dalam ilmu sosial. Secara umum, geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang lokasi, persamaan, perbedaan (variasi) fenomena fisik yang ada di bumi. Dengan kata lain, geografi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bumi. Namun, cakupan ilmu geografi ini sangat luas. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak kumpulan artikel berikut ini.

Peta

Pasti mayoritas dari kita mengetahui apa itu peta. Secara umum, peta dapat didefinisikan sebagai sebuah benda yang menggambarkan bentuk permukaan bumi. Peta tersaji dalam bentuk bidang datar dengan skala yang ditentukan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai informasi mengenai peta, berikut ini ulasannya.

Unsur Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia membentang dari barat hingga timur, dari Sabang hingga Merauke. Dalam Ilmu Geografi, dikenal istilah unsur wilayah. Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam unsur wilayah Indonesia? Untuk lebih jelasnya lagi, kita simak ulasannya berikut ini.

Perubahan Sosial Budaya

Apa sih yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya? Secara umum, perubahan sosial budaya dapat diartikan sebagai sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya ini disebabkan banyak faktor. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Negara Maju dan Berkembang

Dalam Ilmu Geografi, dikenal istilah negara maju dan berkembang. Negara maju diartikan sebagai negara yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi dan memiliki teknologi yang maju. Sementara itu, negara berkembang diartikan sebagai negara yang tingkat ekonominya sedang dalam proses perkembangan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Atmosfer

Bumi yang kita tinggali ini memiliki sebuah lapisan yang dinamakan atmosfer. Secara umum, atmosfer diartikan sebagai lapisan yang menyelimuti bumi dan berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet dari matahari. Atmosfer ini terdiri atas banyak lapisan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Hidrosfer

Hidrosfer adalah lapisan air yang menyusun permukaan bumi. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi, danau, sungai, laut, air tanah, gletser, salju, termasuk uap air yang ada di lapisan udara. Ingin tahu lebih jauh tentang hidrosfer dan hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer? Nah, untuk lebih mengetahui tentang hidrosfer, simak ulasannya berikut ini.

Biosfer

Dalam istilah geografi, dikenal istilah biosfer. Biosfer diartikan sebagai bagian luar dari pelanet bumi yang mencakup udara, daratan, dan air yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Anda ingin tahu lebih jauh tentang biosfer? Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai biosfer, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Antroposfer

Antroposfer merupakan salah satu obyek material dari kajian geografi yang membahas dinamika manusia seperti kelahiran, kematian, dan imigrasi. Pembahasan tersebut juga berkaitan dengan aspek kependudukan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, simak informasinya berikut ini.

Persebaran Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang muncul secara alami yang bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Persebaran sumber daya alam di Indonesia terbagi dua, yaitu sumber daya alam hayati dan barang tambang. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

Lingkungan Hidup

Tahukah Anda apa itu lingkungan hidup? Lingkungan hidup bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar (makhluk hidup), baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Anda ingin tahu lebih jauh tentang lingkungan hidup yang ada di dunia? Dapatkan informasi lengkapnya pada artikel berikut ini.

Tanah

Tanah adalah salah satu unsur bumi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.Tanah merupakan bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah tercipta dari proses pelapukan bebatuan dan tumbuhan. Info lebih lengkap seputar tanah, bisa Anda dapatkan pada artikel berikut ini.

Bentuk Muka Bumi

Bumi merupakan planet ketiga dari delapan planet dalam tata surya. Bila dilihat dari luar angkasa, bentuk muka bumi tampak halus. Padahal kenyatannya bentuk bumi tidak rata dan beragam. Untuk informasi lebih jauh seputar bentuk muka bumi, temukan informasinya pada artikel ini.

Geografi Dasar

Geografi biasanya identik dengan ilmu yang mempelajari tentang bumi. Untuk memahami lebih jauh seputar geografi, harus tahu konsep, pendekatan, prinsip, dan aspeknya. Anda ingin tahu lebih jauh tentang geografi dasar? Ulasan selengkapnya, simak pada artikel berikut ini.

Unsur unsur Geosfer

Apa yang Anda tahu tentang geosfer? Geosfer merupakan lapisan yang terdapat pada bumi, baik di permukaan maupun di bawah permukaan bumi. Unsur-unsur geosfer adalah litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Ingin tahu ulasan lengkapnya? Dapatkan pada artikel di bawah ini.

Pelestarian Lingkungan Hidup

Pernahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan pelestarian lingkungan hidup? Pelestraian lingkungan hidup merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk melindungi lingkungan dari hal-hal negatif. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Industri

Industri geografi merupakan perpaduan antara subsistem fisis dan subsistem manusia. Subsistem fisis meliputi bahan mentah dari alam, bahan baku, sumber energi, komponen lahan, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk subsistem manusia meliputi tenaga kerja, kemampuan teknologi, tradisi, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Awan

Awan merupakan gumpalan uap air yang berada di atmosfer. Di langit, awan terlihat seperti asap berwarna putih atau kabut. Dalam prosesnya, awan ini dibentuk dari uap air yang berasal dari laut, danau, sungai, atau wilayah perairan lainnya yang kemudian naik ke langit dan membentuk kumpulan-kumpulan uap air. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Sungai

Sungai dapat didefinisikan sebagai saluran air di permukaan bumi. Sungai biasanya terbentuk secara alamiah melalui saluran air dari darat yang mengalir ke laut. Dalam kehidupan manusia, sungai memiliki manfaat yang sangat penting. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berkut ini.

Gunung Berapi

Gunung berapi adalah gunung aktif yang sewaktu-waktu bisa mengeluarkan cairan magma atau lahar dari dalam perut bumi. Di seluruh dunia, gunung berapi ini masih banyak ditemukan. Namun, gunung berapi yang terkenal hingga saat ini adalah gunung berapi yang terletak di wilayah Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire). Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak artikel berikut ini.

Banjir

Banjir merupakan suatu kondisi ketika air menenggelamkan atau menggenangi suatu area atau tempat. Tingginya volume air yang menimbulkan wilayah daratan terendam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena adanya peningkatan volume air di sungai. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini.

Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan cabang ilmu pengetahuan alam dari Ilmu Geografi. Salah satu cabang Ilmu Geografi ini mempelajari hal-hal yang berkaitan proses alamiah. Selain itu, geografi fisik juga mempelajari pola dalam lingkungan alam, seperti atmosfer, biosfer, hidrosfer, dan lain sebagainya. Seperti apa penjelasan selengkapnya? Mari simak artikel berikut ini.