Geografi Fisik:

Mengenal Fitur-fitur Gurun dan Efek Angin

Adakah yang tau apa hubungan gurun dan angin? Bagaimanakah proses terjadinya gurun? Lalu, seperti apa pula penyebaran gurun di dunia? Apa pula fitur-fitur yang ada di gurun? Seperti apa kaitan antara gurun dan angin? Anda pasti penasaran ingin tahu jawaban lengkapnya, bukan? Mari kita cari tahu faktanya melalui artikel yang akan disajikan berikut ini. Jadi, baca artikel ini sampai tuntas.

Pegunungan dan Konvergensi Pembentukannya

Semua pembaca tentu sudah mengetahui apa itu pegunungan. Namun, tahukah Anda bagaimana proses pembentukan pegunungan itu? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama membahas lebih jauh tentang bagaimana proses terbentuknya pegunungan. Anda pasti sangat penasaran ingin tahu jawaban lengkapnya, bukan? Mari kita simak uraian lengkapnya berikut ini.

Pembentukan dan Proses Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi seringkali dianggap sebagai salah satu bencana alam yang paling sering terjadi. Banyak yang sudah mengetahui sebab terjadinya gempa bumi. Meski demikian, belum ada yang mampu menghindarkan terjadinya peristiwa ini. Lantas, bagaimana sebenarnya proses terjadinya gempa bumi? Anda ingin tahu jawaban lengkapnya? Mari kita simak pembahasan berikut.

Mengenal Proses Pelapukan Mekanik dan Pelapukan Kimia

Istilah pelapukan dan erosi tentu bukan istilah asing di telinga pembaca. Ya, istilah ini sudah sering disebut-sebut, bahkan sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar. Namun, masih ingatkah Anda tentang arti dan proses terjadinya kedua istilah tadi? Jika tidak, apakah Anda ingin mengingatnya kembali dan memahaminya lagi? Mari kita cari tahu jawaban lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Terbentuknya Muka Bumi dan Unsur-unsur Pendukungnya

Muka bumi dari ketinggian tertentu saat melihat pesawat pasti terlihat indah bukan? Tertutup oleh kehijauan. Kira-kira terdapat apa saja dalam muka bumi? Apakah hanya terdiri tanah, pepohonan dan laut saja? Tentu saja tidak. Banyak unsur yang membentuk muka bumi. Tentu penasaran bukan? Selain itu, terlihat juga banyak bebatuan. Bebatuan ini itu bisa jadi bebatuan primitif pada zaman es. Sebelum mengetahui lebih lanjut kita mengenal muka bumi terlebih dahulu dengan membaca artikel ini.

Keunikan Peta, Atlas, dan Globe

Panduan untuk mengetahui ragam kondisi permukaan di dunia bisa didapat melalui kehadiran peta, atlas, dan globe. Ketiga panduan tersebut memiliki keunikan tersendiri, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Namun, dari ketiga panduan mengenai tampilan bumi maka perhatikanlah globe. Globe merupakan penampak bumi yang mirip dengan sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan dalam artikel berikut ini.