Fonologi:

Cara Kerja Analisis Fonemik

Anda tahu apa yang dimaksud dengan fonemik? Jika belajar tentang linguistik secara lebih lanjut, istilah fonemik pasti bukan lagi hal yang asing bagi Anda. Secara sederhana, fonemik adalah istilah untuk menyebutkan perbedaan bunyi yang membedakan arti. Misalnya, [buku] dan [duku], /b/ dan /d/ adalah dua bunyi yang berbeda. Dan kehadiran keduanya membedakan arti. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendapatkannya pada artikel berikut ini!

Fonetik Auditoris, Sub Cabang Fonologi yang Mengindera Bunyi

Fonetik Auditoris? Bingung? Lumrah jika Anda tidak berkecimpung di dunia linguistik. Secara harfiah, istilah ini sebenarnya cukup mudah untuk dikenali. Auditoris, artinya kurang lebih mendengar atau mengidentifikasi bunyi. Lebih lengkapnya Anda bisa simak pada artikel di bawah ini!

Penggunaan Tulisan Fonetis

Dalam mempelajari fonologi, tulisan fonetis menjadi bagian terpenting. Karena, dengan itu, pembeda antara satu bunyi dengan bunyi yang lain akan terlihat jelas. Sayangnya, tidak banyak perangkat komputer yang mendukung munculnya huruf-huruf fonetis. Sehingga hal ini cukup menyulitkan bagi mereka yang berkecimpung di dunia fonologi. Pada artikel ini Anda akan menemukan lebih banyak tentang tulisan fonetis.

Berkenalan dengan Fonetik Akustik

Fonetik Akustik? Istilah apa lagi itu? Ternyata, linguistik memiliki banyak kajian yang menarik untuk diikuti. Salah satunya ya, fonetik akustik ini. Singkatnya, sub-cabang ilmu linguistik ini adalah memandang bunyi sebagai identitas yang berpola. Agar lebih jelas, sebaiknya Anda simak artikel berikut ini!

Unsur Suprasegmental dalam Fonologi

Unsur suprasegmental adalah bukan bunyi sejati. Suprasegmental erat kaitannya dengan nada, intonasi, jeda dan tekanan. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan pada artikel di bawah ini!

Fonetik Artikulatoris, Cabang Fonologi Mengkaji Artikulasi Bunyi

Fonetik artikulatoris dikenal juga dengan fonetik fisiologis. Dalam sub-cabang ilmu fonologi ini, yang menjadi bahan kajian adalah proses dari artikulasi bunyi bahasa. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat pada artikel di bawah ini!

Mengenal Istilah Fonologi, Fonetik dan Fonemik

Belajar tentang linguistik akan mengenalkan Anda pada istilah-istilah baru di bidang bahasa. Salah satunya adalah fonologi. Ya. Fonologi adalah salah satu cabang ilmu linguistik. Cabang linguistik ini belajar tentang bunyi atau bentuk dasar dari ujaran. Info lebih lanjut tentang fonologi, bisa Anda dapatkan pada artikel di bawah ini!