Biologi:

Kehidupan makhluk hidup tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Biologi. Biologi adalah ilmu hayat. Semua hal tentang kehidupan makhluk hidup dipelajari dalam Biologi. Dalam dunia pendidikan, Biologi dibagi ke dalam beberapa cabang, seperti botani (ilmu Biologi yang mempelajari tentang tumbuhan), zoologi (ilmu Biologi yang mempelajari tentang hewan), dan mikrobiologi (ilmu Biologi yang mempelajari tentang jasad renik). Selain itu, Biologi juga mempelajari Fisiologi (ilmu Biologi yang mempelajari cirri-ciri fisik tumbuhan), ekologi, etologi, evolusi, genetika, dan sebagainya. Bagi Anda yang tertarik mempelajari ilmu Biologi lebih dalam, di sinilah tempat yang tepat untuk mendapatkan semua materinya.

Animalia

Animalia adalah sebutan untuk sekelompok makhluk hidup yang lebih akrab di masyarakat dengan istilah binatang. Animalia meliputi binatang dari berbagai ordo, kelas, kelompok, atau istilah lain yang sifatnya membedakan antara binatang yang satu dengan binatang lainnya. Informasi lebih lanjut, bisa Anda dapatkan pada artikel-artikel di bawah ini.

Archaebacteria dan Eubacteria

Asing dengan kedua istilah tersebut? Rasanya tidak jika kedua kata tersebut diganti dengan istilah bakteri. Ya, Archaebacteria dan Eubacteria adalah dua jenis bakteri. Kedua jenis bakteri tersebut, Archabacteria dan Eubacteria, memiliki kritreria yang berbeda. Untuk lebih jelas, simak saja artikel di bawah ini!

Biodiversitas

Istilah ini mungkin hanya akrab di kalangan ahli biologi. Untuk orang awam, istilah keanekaragaman hayati rasanya jauh lebih familiar. Ya. Biodiversitas adalah istilah ilmiah untuk keanekaragaman hayatai yang ada di bumi. Biodiversitas mencakup semua gen, jenis serta ekosistem makhluk hidup yang ada pada satu wilayah. Simak lebih jauh tentang ini pada artikel-artikel di bawah ini.

Biologi bagi Kehidupan

Apa peran dari Biologi bagi kehidupan? Sebatas mata pelajaran yang harus dimengerti kah? Atau memiliki peranan lain? Logisnya, biologi adalah sebuah ilmu yang belajar tentang makhluk hidup. Sehingga, biologi bagi kehidupan pastinya memiliki peranan yang penting selain hanya sebagai pelajaran. Seperti apa? Simak pada artikel di bawah ini!

Biologi Lingkungan

Biologi bagi lingkungan? Jika membicarakan peran atau fungsi, tentu saja ada. Biologi pada dasarnya adalah sebuah ilmu yang belajar segala bentuk ekosistem. Peran biologi bagi lingkungan adalah sebagai pengetahuan yang akan membantu manusia lebih menghargai lingkungannya. Simak pada artikel-artikel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Biologi Sel

Biologi adalah jelas sebuah ilmu yang belajar tentang segala bentuk ekosistem yang ada di bumi. Bagaimana dengan Biologi Sel? Biologi Sel adalah salah satu cabang dari Biologi yang pastinya belajar lebih jauh tentang sel. Penasaran seperti apa kehidupan sel-sel? Simak pada artikel-artikel di bawah ini!

Bioteknologi

Makhluk hidup diciptakan dengan banyak alasan. Masing-masing memiliki peranan, dan hal tersebut secara keilmuan bisa dipelajari dalam kajian Bioteknologi. Dalam Bioteknologi, semua makhluk hidup dipelajari dan dimanfaatkan. Penasaran lebih jauh tentang cabang ilmu ini? Simak pada artikel berikut ini!

Ekologi

Ekologi merupakan sebuah ilmu yang memberitahu Anda tentang interaksi antara sebuah organisme dengan lingkungannya. Atau hubungan organisme dengan hal-hal lain. Ekologi berasal dari bahasa Yunani, Oikos dan logos yang artinya masing-masing kurang lebih habitat hidup. Ilmu ini menarik. Tidak percaya? Simak pada artikel-artikel di bawah ini!

Ekologi Hewan

Ekologi Hewan merupakan cabang ilmu Ekologi yang belajar tentang hubungan antara hewan dengan lingkungannya. Ekologi Hewan cukup menarik utnuk dipelajari. Dari sini, Anda bisa tahu interaksi hewan dengan lingkungannya secara lebih dekat.

Ekologi Tumbuhan

Ekologi Tumbuhan adalah salah satu cabang dari Ekologi. Cabang ilmu ini memelajari bagaimana hubungan antara tumbuhan sebagai bagian dari organisme dengan lingkungannya. Ekologi Tumbuhan akan mengajarkan Anda banyak hal tentang tumbuhan.

Ekosistem

Ekosistem merupakan sebuah ekologi yang dibentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Hubungan tersebut tidak dapat dipisahkan. Ekosistem merupakan gabungan dari banyak biosistem. Agar lebih jelas, sebaiknya simak artikel-artikel di bawah ini!

Embriologi Tumbuhan

Embriologi tumbuhan singkatnya, akan memberikan Anda informasi tentang bagaimana caranya sebuah tumbuhan dapat berkembangbiak. Embriologi tumbuhan membahas secara lengkap tentang organ-organ tumbuhan yang berperan dalam proses perkembangbiakan. Simak pada artikel-artikel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Fisiologi Hewan dan Tumbuhan

Fisiologi hewan dan tumbuhan merupakan cabang ilmu dari Fisiologi. Fisiologi sendiri adalah cabang dari ilmu Biologi yang belajar tentang sistem kehidupan. Jadi, dapat disimpulkan secara singkat bahwa fisiologi hewan dan tumbuhan adalah sub-cabang Biologi yang memelajari tentang hewan serta tumbuhan.

Fungi

Fungi adalah istilah ilmiah untuk menyebut jamur. Paling tidak, istilah jamur lebih akrab dengan masyarakat umum dibanding fungi. Salah satu jenis tumbuhan ini mencerna makanan di luar tubuh kemudian menyerap molekul ke dalam sel-selnya.

Genetika

Genetika merupakan cabang dari Biologi yang yang menyuguhkan informasi kepada kita tentang pewarisan sifat pada sebuah organisme atau suborganisme. Secara sederhana, Genetika bisa juga disebut sebagai ilmu tentang gen. Info lebih lanjut bisa Anda dapatkan pada artikel-artikel di bawah ini!

Ilmu Gizi

Ilmu gizi dapat dipastikan merupakan sebuah cabang keilmuan yang memfokuskan pada pembahasan mengenai gizi. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pemenuhan gizi seperti makanan yang dikaitkan dengan kesehatan tubuh dipelajari dalam ilmu ini. Ilmu jenis ini banyak melahirkan ahli gizi.

Kingdom Plantae

Namanya terdengar asing? Kingdom Plantae adalah istilah untuk menyebutkan kerajaan tumbuhan. Ya. Kingdom Plantae adalah kerajaan tumbuhan. Melingkupi mulai dari tumbuhan kelas paku, lumut, berbiji terbuka dan tertutup. Semua hal yang berkaitan dengan tumbuhan masuk dalam klasifikasi ini.

Klasifikasi Hewan

Klasifikasi hewan merupakan sebuah cabang ilmu yang memberikan informasi lengkap tentang berbagai jenis hewan. Belajar tentang klasifikasi hewan akan membantu Anda lebih paham tentang hewan-hewan yang ada di muka bumi ini.

Metabolisme

Metabolisme merupakan sebuah reaksi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Metabolisme juga merupakan sebuah proses yang memegang peranan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Seperti apa lengkapnya? Anda bisa mendapatkan pada artikel-artikel di bawah ini!

Morfologi Tumbuhan

Morfologi tumbuhan merupakan sebuah ilmu yang mengkaji tentang bagian dari organ-organ tumbuhan serta fungsinya. Dalam morfologi tumbuhan, lemen-elemen pada tumbuhan seperti akar, batang, dan daun dipelajari secara karakteristik dan fungsi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mendapatkannya pada artikel-artikel di bawah ini!

Mutasi

Mutasi? Istilah ini mungkin lebih akrab sebagai pemindahan daerah kerja, tetapi, mutasi yang ini maksudnya bukan itu. Mutasi dalam Biologi adalah perubahan genetik. Mulai dari perubahan gen hingga kromosom. Untuk lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda membaca artikel-artikel di bawah ini!

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hal pasti bagi makhluk hidup. Termasuk tanaman. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman meliputi pembesaran pada bagian batang dan akar. Pertumbuhan dan perkembangan juga terjadi pada tumbuhan. Dalam hal ini perkembangan menuju pematangan.

Pewarisan Sifat

Pewarisan sifat merupakan sebuah peristiwa pewarisan, dalam hal ini sifat, dari induk kepada keturunannya. Pewarisan sifat bisa ditentukan oleh gen dan kromosom induk. Bukan kah sering Anda temukan, sepasang orangtua dan anak memiliki sifat yang tidak jauh berbeda?

Protista

Protista merupakan mikroorganisme eukariota yang bukan termasuk hewan, tumbuhan bahkan fungus atau fungi. Protista dapat hidup di lingkungan dengan kandungan air yang cukup tinggi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendapatkannya pada artikel-artikel di bawah ini.

Tumbuhan Biji

Tumbuhan biji merupakan sekelompok tumbuhan dengan ciri khas memiliki biji. Dalam proses perkembangbiakan tumbuhan biji, biji memiliki peran yang sangat penting, yakni sebagai alat untuk berkembangbiak. Agar lebih jelas, tidak ada salahnya jika Anda menyimak beberapa artikel di bawah ini!

Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi merupakan sebuah sistem dalam tubuh manusia yang berperan untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem eksresi pada manusia meliputi usus hingga kulit.

Sistem Gerak Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Tumbuhan, hewan dan manusia sama-sama bergerak. Meskipun demikian, sistem gerak manusia berbeda dengan sistem gerak tumbuhan maupun hewan. Sistem gerak manusia memiliki tulang, saraf, dan otot untuk penopangnya. Lebih lengkap lagi bisa Anda dapatkan pada artikel di bawah ini!

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia berperan dalam mengolah berbagai makanan yang masuk dalam tubuh. Aneka makanan yang masuk tersebut diambil nutrisinya untuk kebutuhan hidup manusia. Sistem pencernaan manusia meliputi lambung hingga menuju anus.

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah berperan untuk menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Peranan penting yang dimiliki darah menjadi alasan mengapa sistem peredaran darah ini harus benar-benar dijaga. Jantung dan pembuluh-pembuluhnya merupakan elemen penting dalam tersebarnya darah ke seluruh tubuh.

Sistem Pernapasan

Sistem pernafasan memungkinkan tubuh mendapat pasokan oksigen yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pernafasan bukan hanya dimiliki oleh manusia, tapi juga tumbuhan serta hewan. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca pada artikel-artikel di bawah ini!

Sistem Pertahanan Tubuh

Sistem pertahana tubuh memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga tubuh dari berbagai macam pengaruh buruk dari luar. Terutama hal buruk yang mengancam kesehatan. Sistem pertahanan tubuh bisa saja rusak jika tidak dijaga dengan baik. Akibatnya, tubuh menjadi lebih mudah sakit. Info lanjut? Simak pada artikel di bawah ini!

Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi dimiliki oleh hampir semua makhluk hidup. Sistem reproduksi ini berperan dalam kelestarian individu makhluk hidup. Info lebih lanjut bisa Anda dapatkan pada artikel di bawah ini!

Sistem Respirasi pada Hewan

Sistem respirasi dan transportasi hewan membuat hewan-hewan tersebut dapat bertahan hidup. Bagaimana tidak, sistem respirasi adalah sebuah proses membuang gas CO2 yang merupakan sisa metabolisme. Sementara sistem transportasi adalah berkenaan dengan beredarnya darah ke seluruh tubuh hewan. Informasi tentang sistem respirasi dan transportasi hewan bisa Anda dapatkan pada artikel di bawah ini!

Sistem Transportasi Vertebrata

Struktur Fungsi Jaringan Hewan dan Tumbuhan

Struktur dan fungsi jaringan hewan dan tumbuhan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tubuh seekor hewan dan tumbuhan. Ingin tahu struktur dan fungsi jaringan hewan dan tumbuhan lebih lanjut? Simak pada artikel di bawah ini!

Virus

Virus merupakan sebuah parasit dengan ukuran yang sangat kecil dan bersifat menginfeksi sel organisme. Beberapa penyakit juga disebabkan oleh masuknya virus ke dalam tubuh. Salah satunya adalah penyakit AIDS. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan pada artikel-artikel di bawah ini!

Evolusi

Pernah melihat perubahan manusia purba hingga manusia yang seperti sekarang? Atau bertanya kenapa ada harimau yang memiliki dua jenis warna? Itulah yang dinamakan dengan evolusi. Secara sederhana, evolusi berarti suatu perubahan yang diikuti dengan perubahan genetik. Ingin tahu lebih jauh lagi? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Entomologi

Menurut kalian serangga itu menakutkan atau tidak? Serangga merupakan hewan kecil yang memiliki kaki cukup banyak. Serangga sendiri dikelompokkan lagi ke dalam kelas-kelas. Namun secara umum, serangga dimasukkan ke dalam bahasan Entomologi. Penasaran dengan materi ini? Mari kita simak dalam kumpulan artikel berikut ini.

Botani

Tumbuhan memberikan pengaruh terhadap alam semesta yang kita diami. Dengan adanya tumbuhan maka Oksigen akan datang secara teratur. Namun jika tumbuhan rusak maka hidup makhluk lainnya pun akan terancam. Semua hal tentang tumbuhan akan diulas dalam kumpulan artikel berikut ini.

Ornitologi

Burung merupakan hewan yang kita kenal bisa terbang. Namun burung juga ada yang tidak bisa terbang. Selain itu, burung juga memakan makanan yang bisa dilihat sesuai paruhnya. Ingin tahu lebih jaun tentang burung dan aves, simaklah ulasannya dalam kumpulan artikel di sini.

Bakteriologi

Dalam aktivitas makhluk hidup, selalu ada makhluk yang merugikan dan menguntungkan. Itulah yang terjadi pada bakteri. Selain itu, bakteri juga memiliki peran yang cukup besar untuk hal ini. Ingin tahu lebih jauh tentang bakteri ini, mari kita simak ulasannya dalam kumpulan artikel berikut ini.