Perkembangan ekonomi semakin hari semakin berkembang dengan pesat ini. Tentunya dibalik itu semua mempunyai tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangannya. Berikut biografi tokoh ekonomi yang ada di dunia, antara lain sebagai berikut.

1. Adam Smith

Adam Smith merupakan salah satu tokoh ekonomi yang dijuluki sebagai “bapak ekonomi”. Adam Smith mempunyai nama lengkap, yaitu John Adan Smith. Pria ini lahir pada tanggal 5 Juni 1723 di Kirkcaldy, Skotlandia. Adam Smith merupakan tokoh yang melopori ilmu ekonomi modern yang ada di dunia ini.

Pada tahun 1748, Adam Smith berkuliah di Edin Burgh. Tahun 1751, beliau ditunjuk sebagai ketua dewan logika yang berada di Universitas Glasgoow. Pada tahun 1176, Adam Smith berhasil mengeluarkan sebuah karyanya dalam buku yang berjudul “The Wealth Of Nation”.

Buku ini sangat terkenal dalam dunia ekonomi dan sampai sekarang buku ini masih digunakan sebagai acuan dalam perkembangan ekonomi yang ada. Semenntara itu, pada  1783, beliau menjadi salah satu pencetus berdirinya Royal Society of Edinburgh. Namun, sayangnya Adam Smith harus mengakhiri hidupnya pada 17 Juli 1990 karena menderita sakit keras dan beliau pun dimakamkan di Canogatw Kirkyard.

2. Hernando De Soto

Hernandi De Soto merupakan pria kelahiran Arequipa, 3 Juni 1941. Pria ini merupakan salah satu ekonom yang berasal dari Peru dan terkenal dalam bidang ekonomi informal. Pada tahun 2000, Hernando De Soto berhasil mengeluarkan karyanya dalam buku yang berjudul “The Mysteri Of Capital”.

Buku ini berisiikan mengenai disiplin ekonomi serta kegiatan ekonomi yang seharusnya dilaksanakan di negara-negara berkembang. Menurut beliau, sebenarnya di negara-negara berkembang banyak memiliki kekayaan alam. Namun karena adanya korupsi dan kolusi inilah yang menyebabkan kekayaan alam yang ada di negara-negara berkembang tidak berfungsi semaksimal mungkin.

3. David Richardo

David Richardo merupakan pria kelahiran London pada tanggal 19 April 1772. Pria ini merupakan anak ketiga dari keluarga asal Portugis yaitu Yahudi Sephardic. Ayah Davis Richardo merupakan salah satu orang yang sukses dalam dunia pialang saham.

Pada saat David berusia 21 tahun, beliau memutuskan untuk menikah dengan cara kawin lari. Hal ini ia lakukan karena pernikahan yang dijalani tersebut tidak mendapat persetujuan dari kedua orang tuanya. Hal inilah yang membuat dirinya terasing dari keluarga besarnya.

Namun pada saat itu, David tidak patah semangat, dia tetap menjadi seorang pria yang tangguh. Dengan segala kepercayaan yang ada pada dirinya, ia pun memulai bisnis seperti yang ayahnya lalukan yaitu bisnis pialang saham.

Dalam menjalani bisnis ini David cukup sukses. David dapat mengalami kesuksesan karena selama ia masih berkerja dengan ayahnya ia telah mempunyai koneksi bisnis.

Pada  1819, David pun berhasil menduduki jabatan di House of Commons. Namun sayangnya pada 1823, ia harus meninggalkan dunia ini. Sebelum David meninggal, beliau sempat mengarang sebuah buku yang berjudul “Principles of Political Economy dan Taxation”. Buku karya David ini resmi diluncurkan pada 1817.

Demikianlah ketiga biografi tokoh ekonomi yang dapat kami paparkan. Namun pada kenyataannya masih banyak tokoh ekonomi di dunia ini yang tentunya mempunyai peran penting dalam perkembangan ekonomi. Ekonomi merupakan sebuah hal yang akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman dan tak akan punah dimakan zaman. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.