Belanda merupakan sebuah negara berbentuk kesatuan terdiri atas dua belas provinsi. Belanda terletak di sebelah timur laut. Bentuk pemerintahan belanda yang berupa kerajaan dipimpin oleh seorang raja. Negara yang memiliki perbatasan dengan jerman, belgia dan laut utara ini menganut sistem pemerintahan demokrasi parlementer. Adapun negara berbentuk kesatuan dengan ibukota terletak di Amsterdam. Pusat pemerintahan berada di daerah Den Haag. Istilah Belanda sendiri merupakan serapan dari bahasa Indonesia. Secara bahasa, pertama yang menyanyi disebut nama pentas dan bukan nama asli.

Belanda merupakan negara unik dengan memiliki satu atau lebih parlemen terpilih. Negara belanda juga termasuk ke dalam salah satu negara yang membentuk Uni eropa. Selain itu Jerman juga membentuk G-10, NATO, OEDCWTO. Anggota perserikatan tripihak yang ada yang disebut beneluks. Belanda merupakan negara kolonial, termasuk Indoneia sempat menjadi menjajah rakyat Indonesia.

Ketika masih berbentuk kerajaan, negara diperintah oleh kaisar. Pada masa lampau, Belanda pernah memiliki koloni, yaitu Nederlands-indie atau negara Indonesia, kemudian Suriname yang selanjutnya dapat ditukar dengan Noeuw Amsterdam.

Belanda termasuk kedalam negara yang tidak cepat merespon sitem industrial dunia. Pada tahun 1815, Belanda menjadi system monarkhi konstutisional. Kemudian diubah menjadi demokrasi parlementer pada tahun 1848. Belanda jga dilukiskan sebagai negara yang menganut paham konsosialisasional..

Kepala negara di Belanda adalah raja. Saat ini yang memerintah adalah Raja Willem Alexander. Kedudukan kepala negara memiliki kelengkapan kekuasaan yang terbatas. Kepala negara memberikan pengaruh yang netral serta berperan menstabilkan konflik yang terjadi,

Raja tidak mempunyai pengaruh di wilayah konstitusi, Raja dapat memiliki kekuasaan tergantung dari pengaruh lingkugan. B3elanda memiliki tata ekonomi yang cukup maju dan tentu saja hal ini memiliki pengaruh di dalam tata hidup masyarakat.

Belanda sendiri sebenarnya mengandung arti sebagai kerajaan yang isinya daratan atau tanah. Sistem monarkhi konstitusional yangd dianut oleh Belanda modern memiliki sistem Trias politica. Politik ini juga pernah diterapkan di Indonesia ketika masa penjajahanBelanda.

Saat ini pemimpin tipe Liberal sedang hendak diterapkan di negara Belanda. Masalah dalam pemerintah Belanda yang cukup serius adalah masalah imigrasi di mana anggaran imigrasi cukup membengkak. Pemerintah sedang mengusahakan dapat menurunkan biaya tersebut.
Dengan sistem liberal yang baru, pemerintah mengharapkan Belanda akan selangkah lebih maju dan memberikan kesempatan kepada warga untuk dapat terlibat lebih banyak di dalam penentuan penyelesaian banyak maslaah di negara termasuk dalam sistem keuangan dan politik, namun tetap terarah. Sehingga bentuk pemerintahan belanda yang stabil dapat dicapai.
 

Loading...