Bentuk Muka Bumi:

Karakteristik Batuan Beku

Batuan beku merupakan sebuah batuan yang terbentuk dari proses pemadatan atau kristalisasi magma cair. Batuan ini memiliki karakteristik tersendiri yang mampu membedakannya dengan jenis batuan lain. Apa saja karakteristik batuan beku ini? Mari kita temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Pengertian Lempeng Tektonik

Apakah yang dimaksud dengan lempeng tektonik? Lempang tektonik merupakan bagian kerak bumi atau lapisan paling atas dari permukaan bumi. Dalam ilmu pengetahuan dikenal adanya istilah teori lempeng tektonik. Bagaimana isi teori tersebut dan apa pula yang dijelaskan dalam teori tersebut? Mari kita simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Struktur Bumi: Perjalanan Virtual ke Pusat Bumi

Struktur bumi merupakan bagian-bagian yang membentuk bumi. Sebuah teori tentang struktur bumi pertama kali dikemukakan oleh ilmuwan bernama Isaac Newton. Lantas, bagaimana penjelasan detail tentang struktur bumi? Mari kita simak pembahasan menarik seputar struktur bumi dalam artikel berikut.

Mengenal Batuan Sedimen

Batuan sedimen itu apa sih? Pertanyaan tersebut tentu sidah sering kita dengar, dan jawabannya pun sudah banyak yang membahas. Namun, karena masih banyak orang yang menanyakan hal tersebut, melalui artikel berikut kita akan bahas kembali tentang apa itu batuan sedimen. Simak artikel berikut ini.

Berkenalan dengan Batuan Metamorfik

Pernahkah kalian mendengar istilah batuan metamorfik? Tahukah kalian bagaimana proses terbentuknya batuan metamorfik? Jika masih asing dengan istilah ini, maka pada bahasan ini kita akan sama-sama mengulas lebih dalam tentang batuan metamorfik. Penasaran? Berikut ini uraiannya.

Mengenal Susunan Tektonik Lempeng

Bumi ini terdiri dari berbagai macam susunan. Salah satu di antaranya tektonik lempeng. lalu, apa yang dimaksud dengan tektonik lempeng? Bagaimana proses terjadinya? Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam hasil dari aktivitas lempeng tektonik tersebut? Pertanyaan seputar tektonik lempeng akan dibahas secara detail melalui artikel berikut ini.

Pengertian dan Jenis Batuan

Apa yang terpikirkan oleh Anda jika mendengar kata batuan? Apakah sesuatu yang berupa bongkahan yang keras dan bisa digunakan untuk membangun rumah? Apa yang Anda pikirkan tidaklah salah. Batuan memang senantiasa berhubungan dengan benda-benda alam yang bersifat keras. Namun tahukah Anda, bahwa batuan tidak hanya berfungsi sebatas untuk membangun rumah dikarenakan ada jenis batuan yang bernilai ratusan juta rupiah, bahkan miliaran rupiah padahal ukurannya masih lebih kecil daripada kepalan tanga

Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen bagi Kehidupan

Timbulnya beragam bencana seperti gempa bumi, stunami, banjir longsor tidak lepas dari tenaga endogen dan eksogen. Kedua jenis tenaga tersebut tidak hanya memberikan dampak yang positif, tetapi juga dampak yang negatif. Bahkan dampak negatif yang ditimbulkannya dapat sangat dahsyat dan menimbulkan trauma yang mendalam dan berkepanjangan bagi yang pernah mengalaminya. Berikut ini akan diuraikan beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh tenaga endogen dan eksogen.

Manfaat Eksogen bagi Kehidupan Manusia

Membaca kata eksogen, mungkin ingatan kita akan langsung mengingat kata erosi. Erosi merupakan sebuah kata yang berhubungan langsung dengan pengikisan, yaitu hilangnya kesuburan tanah lapisan atas. Memang benar, jika kata eksogen berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya merusak permukaan bumi. Namun, ada yang perlu dipahami bahwa Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu yang sia-sia, untuk umat-Nya. Di antara sela-sela kerusakan, tentunya selalu ada manfaat yang dapat diperoleh manusia. Anda tidak

Manfaat Tenaga Endogen bagi Kehidupan Manusia

Tuhan tentunya tidak akan pernah sekalipun menciptakan sesuatu yang tidak ada gunanya bagi manusia di alam semesta ini. Sekalipun itu berupa bakteri, pasti ada gunanya. Begitupula dengan kenampakan alam di permukaan bumi. Semuanya mempunyai nilai guna dan manfaat yang besar bagi manusia. Tenaga endogen yang memunculkan bentuk wajah kepada permukaan bumi juga ternyata mempunyai kegunaan yang baik bagi manusia. Berikut ini disampaikan uraiannya.

Perubahan Bentuk Muka Bumi Karena Erosi

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar kata erosi? Mungkin pikiran Anda akan langsung teringat akan pengikisan hutan yang gundul karena penebangan liar. Apa yang Anda pikirkan tidaklah salah, karena itulah yang selama ini kita ketahui. Namun apakah erosi hanya terjadi pada hutan yang gundul saja? Mari perluas wawasan Anda dengan membaca uraian berikut ini.

Keragaman Bentuk Muka Bumi

Tuhan telah menciptakan alam semesta untuk kepentingan manusia dengan beragam bentuknya. Begitu juga dengan planet bumi, Tuhan telah menciptakaan permukaannya dengan aneka ragam bentuk. Lembah, ngarai, laut, samudera, dan aneka bentuk lainnya. Tuhan tidak hanya sekadar menciptakan, namun tentu saja disertai dengan nilai guna yang baik untuk kita sebagai umat manusia yang berakal dan budi. Untuk mengetahui keragaman bentuk permukaan bumi, temukan dalam uraian berikut ini.

Pelapukan Bagian dari Tenaga Eksogen

Pernahkan Anda memikirkan dari manakah pasir berasal? Apakah pasir-pasir tersebut terbentuk dengan sendirinya atau berasal dari proses yang lain? Mengapa pula batang tumbuhan yang sangat besar bisa menjadi lunak dan luluh lantak sepeti halnya rebusan daging dalam waktu lama? Apakah yang menyebabkannya? Dua contoh masalah tersebut berhubungan dengan proses pelapukan. Uraian lebih jelaskan akan disampaikan berikut ini.

Proses Terbentuknya Muka Bumi Karena Tenaga Eksogen

Apakah Anda pernah memikirkan mengapa bentuk permukaan bumi kita ini demikian bervariasi? Atau pernahkah Anda merasa heran mengapa bentuk suatu permukaan bumi kita ini bisa berubah? Ternyata tidak hanya tenaga endogen saja yang menyebabkan aneka variasi bentuk permukaan bumi kita, tetapi juga tenaga eksogen. Pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan tenaga eksogen? Bagaimana prosesnya sehingga dapat menyebabkan bentuk permukaan bumi bisa berubah? Berikut ini akan disampaikan uraiannya.

Perubahan Bentuk Muka Bumi karena Sedimentasi dan Pengangkut

Mungkin kita pernah merasa aneh melihat pulau kecil di tengah-tengah sungai atau di bagian hilir sungai. Bahkan, kita juga merasa heran ketika melihat gundukan pasir seperti nempel begitu saja pada dinding tebing. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Tuhan memang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak. Apa pun yang Dia inginkan, maka akan terjadilah ia. Namun bagaimana tinjauan ilmu pengetahuan dengan fenomena alam tersebut? Berikut ini diuraikan penjelasannya.

Penyebab Gempa Bumi dan Bentuk Muka Bumi

Pernahkah Anda memikirkan bahwa gempa bumi memberikan manfaat bagi kehidupan di permukaan bumi? Tentunya tidak pernah terlintas bukan? Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap gempa bumi terjadi, selalu menimbulkan kerugian baik korban jiwa, bangunan roboh, longsor, dan kerugian lainnya. Artikel ini akan membahas sisi lain dari gempa bumi, yaitu bagaimana bisa terjadi gempa bumi? Mari kita baca uraian berikut ini!

Tektonisme, Pergeseran Lempeng Bumi

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar kata tektonik? Tsunami atau gempa bumi? Apabila itu yang Anda pikirkan, maka tidaklah salah sebab keduanya berhubungan dengan tektonisme. Namun sebenarnya masih banyak masalah lain yang berkaitan dengan tektonisme, di antara pelengkungan, pelipatan, patahan, dan retakan. Uraian lebih terperinci mengenai hal-hal tersebut diuraikan berikut ini.

Vulkanisme, Proses Pembentukan Gunung Berapi

Apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran kita ketika mendengar kata vulkanisme? Apakah gunung berapi? Jika hal itu yang terlintas maka tidaklah salah, sebab benar vulkanisme sangat identik dengan gunung berapi. Namun bagaimana hal itu bisa terjadi? Berikut ini akan disampaikan uraiannya secara mendetail.

Deskripsi Karakteristik Lapisan Bumi

Bumi yang kita tinggali ini terdiri atas beberapa lapisan, yaitu atmosfer, litosfer, geosfer, dan hidrosfer. Pada artikel ini, akan dibahas secara rinci mengenai struktur lapisan bumi. Secara umum, litosfer merupakan lapisan bagian atas bumi. Litosfer pun merupakan lapisan paling tipis. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, ada baiknya menyimak ulasan artikel berikut ini.

Perkembangan Permukaan Bumi (Pangae dan Gondwana)

Perkembangan permukaan Bumi, telah lama menjadi perbincangan di kalangan ahli Geologi. Terbukti, dengan banyaknya teori-teori yang ditemukan. Namun, ternyata tidak semua teori perkembangan perkembangan permukaan Bumi terbukti. Hingga kini, masih satu teori yang dibuktikan kebenarannya. Teori apakah itu? Bagaimana perkembangan permukaan Bumi sebenarnya? Artikel ini akan menjelaskannya lebih lanjut. Selamat membaca!

Sejarah Pembentukan Bumi

Sejarah pembentukan Bumi mengalami berbagai perubahan dan zaman. Era pembentukan Bumi di antaranya adalah Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum. Pada setiap era didominasi beberapa hal yang menarik untuk dikaji secara mendalam. Artikel berikut ini akan mencoba menjelaskannya. Selamat membaca!

Perubahan Bentang Alam

Bentang alam yang terjadi di lingkungan lingkungan sekitar akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut berlangsung sepanjang waktu dan menghasilkan bentang alam yang berbeda-beda. Ciri bentang alam yang disebabkan oleh pengikisan, tentu akan berbeda dengan ciri bentang alam yang terjadi karena pengendapan. Perubahan bentang alam dapat terjadi di mana saja, di darat, sungai, laut, atau pegunungan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Gejala Vulkanisme

Persebaran gunung api di dunia, pergerakan magma, tipe-tipe letusan merupakan bagian dari gejala vulkanisme. Terbentuknya magma yang keluar menjadi lava pun merupakan proses yang panjang. Bermula dari mencairkan bebatuan hingga suhu yang mencapai ribuan derajat, pembekuan lava yang menghasilkan bermacam jenis bebatuan. Vuklanisme sendiri juga membentuk barisan dan juga ciri-ciri dari gunung api di dunia. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Karakteristik Bentuk Permukaan Bumi

Karaterisktik permukaan bumi sangatlah beragam. Karakteristik permukaan bumi terbentuk dengan sendirinya dalam kurun waktu singkat dan lama. Karakteristik permukaan bumi diubah oleh bumi itu sendiri, yakni dengan tenaga eksogen dan endogen. Kedua tenaga tersebut yang mengubah karateristik permukaan bumi hingga menghasilkan pegunungan, gunung berapi, lereng benua, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Sejarah Pembentukan Bumi

Bumi adalah satu-satunya tempat yang ada di tata surya dan dapat ditinggali. Meski demikian, menurut teori, terbentuknya bumi bersamaan dengan terbentuknya planet-planet yang lain. Oleh karena itu, sangat penting dipejari tentang sejarah penbentukan bumi. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Tektonisme sebagai Gejala Geologi Bumi

Gejala tektonisme merupakan gejala yang termasuk dalam gejala yang berhubungan dengan tenaga yang ada di dalam bumi, peristiwa dari tektonisme ini akan menghasilkan lipatan sekaligus juga patahan. Tenaga tersebut disebut dengan geologi atau tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga tersebut bergerak dengan dua arah, yakni arah arah vertikal atau horizontal. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Tenaga yang Mengubah Bentuk Permukaan Bumi

Bentuk permukaan bumi terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Berubahnya bentuk permukaan bumi disebabkan oleh tenaga eksogen dan tenaga endogen. Kedua tenaga tersebut mempunyai ciri yang berbeda terhadap perubahannya permukaan bumi. Tenaga eksogen dan endogen memegang peranan penting berubahnya permukaan bumi, seperti terjadinya pengikisan, vulkanisme, pengikisan, dan masih banyak yang lain. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Teori Lempeng Tektonik

Teori lempeng tektonik menegaskan bahwa kerak bumi ini terdiri atas lempeng yang besar dan lempeng yang kecil, saling bergerak perlahan, sambil membawa kedua-keduanya yang ada di atasnya. Gerak divergen adalah gerak menjauh sebagai hasil perluasan laut, sedangkan gerak konvergen adalah gerak mendekat dan lempeng-lempeng tersebut saling mendorong sedangkan yang lainnya menyimpang ke bawah lempeng yang lain. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.

Segala Hal Tentang Gempa Bumi

Negara yang sering mengalami gempa bumi, yaitu Jepang. Gempa yang terjadi di Jepang disebabkan oleh pertemuan lempeng sehingga disebut sebagai gempa tektonik. Peristiwa tersebut menjadikan Jepang sebagai negara yang rawan gempa. Di Jepang, gempa yang terjadi diakibatkan oleh pertemuan lempeng. Di tempat lain, gempa terjadi karena disebabkan oleh peristiwa vulkanisme sehingga disebut gempa vulkanisme dan gempa bumi runtuhan. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya berikut ini.