Bahasa Indonesia:

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang wajib dipelajari, mulai dari tingkatan pendidikan terendah hingga yang tertinggi sekalipun. Dengan demikian, tidaklah mengherankan jika bahasa Indonesia ini kemudian dijadikan sebagai salah satu bidang studi yang disampaikan di dunia pendidikan. Pada tingkatan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, pelajaran Bahasa Indonesia yang kita kenal hanya sebatas materi Bahasa Indonesia secara umum. Sedangkan di bangku perkuliahan, pelajaran Bahasa Indonesia ini memiliki beberapa cabang lain, seperti Morfologi, Sintaksis, Semantik, Pragmatik, dan sebagainya. Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari bidang studi Bahasa Indonesia lebih dalam lagi, di sini sudah disajikan materi Bahasa Indonesia secara lengkap.

Aliran-Aliran Linguistik

Aliran-aliran lingusitik terdiri atas beberapa macam. Dalam pembahasan berikut akan fdiketengahkan beberapa macam aliran Linguistik yang meliputi Aliran tradisional, Aliran Kopenhagen, Aliran Praha, Aliran Swiss, Aliran London, hingga Aliran Struktural. Bagaimana penjelasan tentang kesemua aliran tersebut? Simak pembahasannya dalam uraian berikut.

Berbicara

Berbicara merupakan salah satu aspek yang dipelajari dalam Bahasa Indonesia. Ada banyak kemampuan berbicara dan keterampilan berbicara yang bisa didapat di sini. Apa saja kemampuan dan keterampilan yang dimaksud serta bagaimana cara melatihnya? Anda dapat menemukan jawabannya dalam artikel-artikel menarik berikut.

Dialektologi

Dialektologi merupakan salah satu cabang linguistik yang mempelajari tentang dialek bahasa tertentu. Pembahasan ini menjadi menarik karena Bangsa Indonesia yang memiliki keragaman etnik ini ternyata disertai dengan variasi bahasa atau dialek. Bagaimana cara dialektologi mempelajari variasi bahasa tersebut? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Fonologi

Istilah Fonologi mungkin masih sangat asing bagi kalangan masyarakat yang tidak mempelajari bahasa secara mendalam. Fonologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang mempelajari bunyi bahasa secara umum. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan ilmu bahasa yang satu ini, dapatkan informasi lengkapnya dalam artikel-artikel berikut.

Leksikografi

Tahukan Anda bagaimana cara menyusun kamus? Cara menyusun kamus memerlukan teknik khusus yang dinamakan leksikografi. Aktivitas yang termasuk dalam ilmu leksikografi, di antaranya adalah perancangan, kompilasi, penggunaan, dan evaluasi suatu kamus. Bagaimana gambaran lengkapnya? Anda dapat menemukan jawabannya dalam artikel berikut.

Linguistik Historis Komparatif

Pernahkah Anda mendengar istilah Linguistik Historis Komparatif? Tahukah arti dari istilah tersebut? Lingusitik Historis Komparatif adalah salah satu cabang linguistik yang mempelajari perkembangan bahasa dari satu masa ke masa yang lain serta menelaah sebab akibat perubahan bahasa tersebut. Dalam artikel berikut, akan dipaparkan secara lengkap tentang cabang Linguistik tersebut.

Linguistik Umum

Linguistik Umum merupakan sebuah istilah yang menyangkut Ilmu Linguistik. Dalam Linguistik Umum, Ilmu Linguistik dibahas secara lebih umum. Anda akan menemukan bahasan-bahasan mendasar seputar dunia linguistik. Seperti bentukan kata, kalimat, hingga paragraf. Seperti apa Linguistik Umum secara lengkap? Simak penjelasannya pada artikel-artikel di bawah ini!

Membaca

Membaca merupakan salah satu aspek berbahasa yang dipelajari dalam Bahasa Indonesia. Dengan memiliki memampuan membaca, Anda dapat mendapatkan berbagai informasi yang terdapat dalam sebuah bacaan. Apa sajakah yang dipelajari dalam aspek kebahasaan membaca? Temukan jawabannya dalam artikel-artikel berikut.

Mendengarkan

Aspek kebahasaan lain yang dipelajari dalam Bahasa Indonesia adalah mendengarkan. Keterampilan ini diperlukan untuk mempermudah penerimaan pesan ketika sedang melakukan komunikasi. Selain itu, masih banyak lagi tujuan lain dari mendengarkan. Apa sajakah tujuan yang dimaksud? Temukan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel-artikel berikut.

Menulis

Di luar aspek kebahasaan seperti Membaca, Berbicara, dan Mendengarkan, Menulis pun termasuk salah satu aspek berbahasa yang dipelajari dalam Bahasa Indonesia. Dengan memiliki memampuan menulis, Anda dapat melengkapi keterampilan berbahasa lainnya dengan sempurna. Apa saja yang dipelajari dalam aspek kebahasaan Menulis ini? Dapatkan informasi lengkapnya melalui artikel-artikel menarik berikut.

Morfologi dan Sintaksis

Morfologi adalah cabang linguistik yang mempelajari satuan dasar bahasa sebagai suatu satuan gramatikal. Seluk beluk bentuk kata dan perubahannya dipelajari secara mendalam dalam Morfologi. Sedangkan sintaksis adalah suatu kajian yang mempelajari hubungan kata dalam kalimat. Tak hanya itu, struktur kalimat, frasa, dan kata pun dipelajari dalam kajian ini. Seperti apa penjelasan lengkap kedua bahasan tersebut? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Pragmatik

Pragmatik merupakan tataran baru yang dipelajari dalam Linguistik. Kajian ilmu ini mempelajari penggunaan bahasa dalam hubungannya dengan orang lain. Artinya, untuk memahami tuturan kata harus mengetahui terlebih dulu makna kata dan makna gramatikalnya, lalu menyimpulkan tuturannya guna menghubungkan apa yang dikatakannya dengan yang diasumsikannya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, silakan disimak artikel-artikel berikut dengan saksama.

Psikolinguistik

Psikolinguistik merupakan salah satu kajian Linguistik yang mempelajari tentang faktor-faktor psikologi dan neurobiologis. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara manusia menggunakan dan memahami bahasa. Psikolinguistik sangat erat hubungannya dengan psikologi kognitif, terutama untuk mempelajari kinerja otak dalam memroses bahasa. Bagaimana gambaran lengkapnya? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Sastra

Sastra Indonesia merupakan sebuah istilah yang menaungi berbagai macam karya sastra di Indonesia. Ada banyak hal yang dipelajari dalam dunia sastra, seperti periodisasi sastra, perkembangan dunia sastra, dan hal lainnya. Anda yang tertarik dengan dunia sastra dapat menemukan informasi lengkap seputar sastra dalam artikel-artikel yang tersaji berikut.

Semantik

Semantik adalah sebuah kajian ilmu yang mempelajari semua hal tentang makna yang terkandung dalam suatu bahasa. Sebagaimana kita ketahui, ada banyak makna bahasa yang terdapat dalam ranah Bahasa Indonesia, seperti makna leksikal, makna gramatikal, makna konotasi, makna denotasi, dan makna-makna lainnya. Semua kajian tentang makna tersebut terangkum dalam sebuah kajian ilmu bernama semantik. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang semantik, temukan informasi lengkapnya di sini.

Sosiolinguistik

Sebuah kajian interdisipliner yang ada dalam ilmu Bahasa Indonesia adalah Sosiolinguistik. Dinamakan interdisipliner karena kajian ini tidak hanya berada dalam satu ranah kajian, tetapi lebih dari itu. Ya, sosiolinguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan kemasyarakatan. Ingin tahu lebih banyak mengenai kajian ini? Dapatrkan informasi lengkapnya di sini.

Wacana

Wacana merupakan satuan gramatikal tertinggi dalam ilmu bahasa. Wacana tersusun dari rentetan paragraf yang saling berhubungan dan membentuk sebuah kesatuan utuh. kajian wacana, mempelajari berbagai hal, seperti implikatur dalam percakapan, konteks wacana, serta kohesi dan koherensi sebuah wacana. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Analisis Wacana Kritits

Analisis Wacana Kritis (AWK) merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk meneliti atau melakukan kajian empiris tentang hubungan wacana dengan perkembangan sosial budaya. Salah satu tinjauan atau pendekatan yang sering digunakan dalam AWK adalah yang diuraikan oleh Norman Fairclough. Bagaimana penjelasannya? Temukan jawaban lengkapnya dalam artikel berikut.