Aliran-Aliran Linguistik:

Linguistik Aliran Kopenhagen, Aliran dari Pelabuhan Para Saudagar

Tokoh dalam aliran linguistik kopenhagen yang terkenal adalah Hjemslev. Pemikirannya bahwa bahasa adalah objek kajian linguistik yang memiliki otoritasnya sendiri menjadi pemikiran paling menonjol dalam aliran kopenhagen. Seperti apa? Anda bisa menyimaknya pada artikel berikut ini!

Linguistik Aliran London, Terlahir di Kota Big Ben

J.R. Firth adalah tokoh yang tidak bisa dilupakan dari perkembangan alian linguistik London. Pemikiran tokoh aliran London ini ternyata dipengaruhi oleh seorang tokoh linguistik bernama Malinowski. Ingin tahu lebih lanjut? Anda bisa mendapatkannya pada artikel berikut ini!

Czechoslovakia, Saksi Lahirnya Linguistik Aliran Praha

Membicarakan aliran Praha dalam cakupan ilmu linguistik, tak akan lepas jauh dari para ahli bahasa yang tergabung dalam The Linguistic Circle of Prague, salah satunya adalah Czechoslovakia. Saussure seringkali dihubung-hubungkan dengan aliran Praha ini. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, simak pada artikel di bawah ini!

Linguistik Struktural, Mengetahui Aliran Strukturalisme Linguistik di Amerika

Linguistik strutural berkembang di Amerika berkat beberapa tokoh linguis yang memang jenius. Mereka adalah Franz Boas dan Edward Sapir. Ingin tahu bagaimana pemikiran mereka tentang linguistik? Anda akan menemukan tambahan informasi tentang itu di artikel ini!

Aliran Swiss, Aliran Linguistik dari Negara Kelahiran Saussure

Pada aliran linguistik ini, Anda akan menemukan nama Ferdinand de Saussure sebagai sosok linguistik paling menonjol. Istilah-istilah sinkronik, diakronik, langue dan parole lahir dari aliran Swiss ini. Untuk lebih lanjut, simak saja artikel berikut ini!

Aliran Linguistik, Perkenalan Awal

Aliran linguistik terlahir akibat perbedaan pendapat yang terjadi antara para ahli linguistik. Aliran ini terus berkembang sesuai kebutuhan dan pandangan para ahli linguistik dari beberapa generasi. Info lebih lanjut bisa Anda dapatkan pada artikel berikut ini!