Akhlak:

Adab dalam Wudhu dan Tayamum

Wudhu dimaksudkan untuk menghilangkan hadas kecil yang menempel dalm tubuh ketika akan menunaikan shalat. Wudhu juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, namun harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam Alquran. Begitu juga dengan tayamum. Prosesi pengganti wudhu ini juga sama halnya memiliki aturan. Seperti apakah adab wudhu dan tayamum? Simak uraiannya dalam artikel berikut ini.

Akhlak Berjihad

Islam telah mengatur segala sesuatunya dalam Al-Qur’an. Dalam kitab suci tersebut juga dijelaskan mengenai akhlak dalam bejihad yang sesungguhnya. Benarkah akhlak dalam berjihad adalah termasuk merampas hak hidup orang yang tidak bersalah sama sekali? Meskipun jawabannya sudah pasti tidak, Anda bisa mendapat penjelasan lebih mengenai hal ini dalam artikel berikut!

Kesempurnaan Shalat, Cerminan Pribadi Muslim

Shalat merupakan ibadah yang paling utama yang harus dilakukan oleh umat muslim. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa menunaikan shalat itu tidak bisa hanya dengan mengikuti gerakan-gerakan yang biasa, namun lebih dari itu. Terdapat beberapa aturan yang mengelilinginya. Begitu juga dengan imam dan makmum. Untuk lebih jelasnya, silakan simak uraian artikel berikut ini.

Islam Mengatur Adab dalam Kamar Mandi

Islam memang agama yang sempurna dan peduli terhadap umatnya. Salah satunya ialah dengan kamar mandi. Ketika akan memasuki, sedang berada, dan hendak keluar Islam telah mengaturnya. Hal itu semata-mata adalah untuk melindungi kita. Islam memiliki pandangan mengenai adab dalam kamar mandi. Seperti apa? Mari kita simak uraian berikut ini.

Shalat sebagai Tiang Agama Seorang Muslim

Shalat merupakan syarat seorang muslim yang diperintahkan oleh Allah. Khusus untuk shalat wajib/fardhu sangat tidak bisa ditinggalkan, meskipun itu dengan berbagai alasan. Banyak keringanan yang diberikan Allah. Seperti apakah adab dalam menunaikan shalat itu? Mari kita simak paparan dalm artikel berikut ini.

Adab Tidur untuk Kehidupan Masa Depan

Allah memberikan dua wktu untuk manusia, yakni siang dan malam. Siang dilakukan untuk bekerja, sedangkan malam dilakukan untuk beristirahat. Istirahat yang dimaksud adalah dengan tidur. Tidur sendiri merupakan kegiatan yang sangat penting bagi manusia. Lantas, apa pandangan Islam mengenai tidur ini? Simaklah uraiannya dalam artikel berikut ini.

Ketahui Adab di Masjid sebagai Sarana Pengetahuan

Masjid digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang baik. Ibadah ketika dilakukan di dalam masjid bisa mendatangkan manfaat. Untuk itulah, kita sebagai manusia perlu untuk mengetahui adab yang benar tentang berhubungan dengan rumah Allah ini. Seperti apakah adab dalam masjid ini? Simak uraiannya pada artikel berikut ini.

Berakhlak dalam Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini sudah sangat pesat. Ada pengaruh negatif dan positif yang ditawarkan oleh kemajuan ini. Apakah Islam juga mengatur akhlak memanfaatkan teknologi dan informasi? Mengingat pada zaman rasul, belum ada teknologi yang canggih seperti sekarang. Jika ingin tahu lebih jauh mengenai akhlak memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pandangan Islam, Anda bisa mendapatkannya pada artikel berikut ini!

Larangan untuk Berbuat Sombong

Manusia terlahir dengan beberapa sifat. Namun, satu sifat yang perlu untuk dihindari ialah sifat sombong. Sifat ini memang tidak bisa hilang dari hati manusia, tetapi kita bisa meminimalisasinya. Seperti apakah sifat sombong itu? Lantas, apa saja yang sering disombongkan oleh manusia? Simak uraiannya dalam artikel berikut ini.

Fungsi Indera Tubuh Menurut Islam

Panca indera merupakan suatu anugerah yang tidak ada bandingannya. Allah memberikan semua itu tidak lain mempunyai fungsi yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun, terkadang panca indera sering kita gunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya. Apa peran dari panca indera kita? Apa manfaatnya dalam pandangan Islam? Simak uraian berikut ini.

Pentingnya Menjaga Farji

Islam begitu perhatian terhadap umatnya. Bahkan untuk ukuran kemaluan saja sangat dipedulikan. Hal itu akan menambah keyakinan bahwa Islam memang benar sayang terhadap kita. Kenapa kita harus menjada kemaluan kita? Apa ganjarannya bagi yang dapat melindunginya? Simak paparan dalam artikel berikut ini.

Keutamaan Menjaga Lisan

Lisan manusia menyerupai pedang karena memiliki maksud yang tajam setjam pedang. Jika lisan kita tidak dijaga dengan baik maka ada kemungkinan bisa melukai hati sesama manusia. Islam sangat memperhatikan hal ini. Seperti apa lisan itu? Bagaimana cara memeliharanya? Simak uraian dalam artikel berikut ini.

Memelihara Perut adalah Kewajiban

Apa yang kita makan merupakan cerminan kita nantinya akan seperti apa? Jika halal maka jalan hidup kita bisa dibarengi dengan barokah. Namun, jika yang haram maka langkah kita pun tidak jauh dari laknat Allah. Naudzubillah. Islam sangat peduli terhadap apa yang kita makan. Untuk itu, alangkah bagusnya untuk selalu peka dengan kehalalan setiap yang masuk ke dalam perut. Efek positif seperti apa yang didapat dari mengonsumsi sesuatu yang halal? Simak uraiannya berikut ini.

Akhlak dalam Berlalu-lintas

Berlalu-lintaslah yang baik, dengan begitu keselamatan Anda dan orang lain dalam berkendara akan terjamin. Akhlak dalam berlalu-lintas pada dasarny bertujuan untuk itu, untuk melindungi para pengguna jalan. Seperti apa akhlak dalam berlalu-lintas menurut Islam? Simak pada artikel di bawah ini!

Akhlak Mulia

Sejatinya, umat manusia, tanpa memandang agama, memang dituntut untuk memiliki akhlak mulia. Islam juga mengajarkan demikian. Akhlak mulia akan menjadikan Anda sebagai seorang yang memiliki derajat tinggi, di mata Allah sekaligus umat-Nya. Seperti apa akhlak mulia dalam pandangan Islam?

Bentuk-bentuk Akhlakul Karimah dalam Pergaulan Remaja

Islam menganjurkan setiap umatnya untuk memiliki akhlakul karimah. Sifat ini menjadi penting karena sesuai dengan tuntutan Allah Swt. Lantas, seperti apa sajakah bentuk-bentuk akhlakul karimah yang biasa dijumpai dalam dunia remaja? Berikut ini adalah pembahasan menarik seputar akhlakul karimah dalam kehidupan remaja.

Fitnah, Perusak Akhlak

Kita tentu sering mendengar istilah fitnah. Ya, fitnah adalah suatu perbuatan yang sangat dilaknat, bahkan Nabi Muhammad saw pun menyebutkan bahwa fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Sedemikian dibencinyakah perbuatan fitnah? Lantas bagaimana sebaiknya agar kita tidak terjerumus kepada perbuatan tersebut? Simak pembahasan seputar fitnah berikut.

Ketahui Hak Sesama Muslim

Sesama muslim sudah sepantasnya saling menghormati dan menghargai. Setidaknya ada beberapa hak yang harus dilaksanakan antarsesama muslim. Apa saja hak yang dimaksud? Temukan jawaban lengkapnya dalam artikel menarik tentang hak sesama muslim berikut.

Pengertian dan Contoh Sikap Ta’aruf dan Tafahum

Dalam agama islam dikenal istilah Ta’aruf dan Tafahum. Tahukah Anda pengertian dari kedua istilah tersebut? Jika tidak, dalam artikel berikut kita akan sama-sama ketahui apa itu Ta’awun dan Tasamuh lengkap dengan contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan Anda tentang taaruf dan tafahum bertambah.

Pengertian dan Contoh Taawun dan Tasamuh

Dalam agama islam dikenal istilah Ta’awun dan Tasamuh. Tahukah Anda pengertian dari kedua istilah tersebut? Jika tidak, dalam artikel berikut kita akan sama-sama ketahui apa itu Ta’awun dan Tasamuh lengkap dengan contohnya.